Selasa 05 April 2022, 18:00 WIB

Bantah Batasi Pertalite, Pertamina Klaim Stok SPBU sampai 20 Hari

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Bantah Batasi Pertalite, Pertamina Klaim Stok SPBU sampai 20 Hari

Antara/Kornelis Kaha.
Petugas SPBU menunggu pergantian tugas di salah satu SPBU Kota Kupang, NTT, Selasa (5/4/2022).

 

CORPORATE Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting membantah terkait pembatasan pasokan pertalite. Dia mengatakan sampai hari ini tidak ada pembatasan bahan bakar minyak (BBM) tersebut.

Pernyataan tersebut dia katakan sebagai tanggapan atas keluhan kelangkaan pertalite yang dialami masyarakat. "Tidak ada pembatasan saat ini," kata Irto saat dihubungi, Selasa (5/4).

Dia juga meminta agar laporan terkait kelangkaan disertai rinci dengan wilayah dan nomor SPBU. Ini perlu untuk lebih lanjut dilakukan pengecekan ke sistem oleh pihaknya. 

"Yang langka (kosong) di mana? Tolong informasikan nomor SPBU-nya, biar saya cek di sistem," kata Irto.

Pertamina menaikkan harga BBM jenis RON 92 atau pertamax menjadi Rp12.500-Rp13.000 per liter dari sebelumnya Rp9.000-Rp9.400 per liter. Kenaikan harga pertamax kemungkinan membuat pengendara beralih ke pertalite. Akibatnya, terjadi antrean di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Irto melihat ada kemungkinan terjadi peralihan konsumsi dari sebelumnya konsumen pertamax beralih menjadi pertalite. "Namun belum bisa kami lihat berapa besarnya, karena mungkin ini hanya temporary. Harapannya, kalau pun ada yang beralih ke pertalite, nanti akan kembali lagi menggunakan nonsubsidi," kata Irto.

Terpisah, Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman juga mengatakan ketersediaan pertalite di seluruh stasiun pengisian masih mencukupi, setidaknya untuk 20 hari ke depan. "Intinya aman, kira-kira 20 hari. Setiap hari kami maintain segitu volumenya," kata Fajriyah.

Baca juga: Kenaikan BBM dan Tarif Tol Gerus Daya Beli Pangan Masyarakat

Pertamina akan terus memonitor volume penjualan pertalite dan menjamin penyalurannya sesuai waktu dan sasaran. Dengan demikian stok pertalite akan terus surplus selama 20 hari. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Ridwan Kamil Akui Kompor Listrik Bebani Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:59 WIB
Menurutnya, program konversi gas elpiji 3 kilogram ke kompor listrik akan berjalan lancar jika ada penggunaan teknologi yang...
Dok.Sunlife

Sun Life Indonesia dan CIMB Niaga Hadirkan Sun Proteksi Jiwa

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:07 WIB
Hanya 37% masyarakat Indonesia yang memiliki tabungan untuk hidup lebih dari 6 bulan ke...
MI/ Dwi Apriani

Penjelasan PLN Soal Aliran Listrik Putus Saat Cuaca Ekstrem

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:59 WIB
Salah satunya karena gardu listrik terendam air akibat intensitas hujan tinggi. Tak jarang, gardu listrik juga ikut terendam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya