Sabtu 19 Maret 2022, 20:45 WIB

Siap Masuki Pasar Digital, Perempuan Pelaku UMKM Jamu Gendong Butuh Dukungan 

Thomas Harming Suwarta | Ekonomi
Siap Masuki Pasar Digital, Perempuan Pelaku UMKM Jamu Gendong Butuh Dukungan 

Dok. Pribadi
Pelaku UMKM Jamu gendong

 

PEREMPUAN pelaku UMKM Jamu Gendong menyatakan kesiapan mereka untuk memasuki pasar ekonomi digital di Indonesia. Salah satu aspirasinya mereka sampaikan pada Ketua DPR RI Puan Maharani yang diketahui punya komitmen untuk membantu keberlangsungan usaha para pelaku UMKM di Indonesia. 

Terutama apresiasi atas peran Puan memberi ruang bagi pelaku UMKM agar berkembang sekaligus memasuki pasar digital yang saat ini sedang berkembang pesat. 

"Bicara ekonomi digital bagi para pelaku UMKM khususnya perempuan tentu saja kami apresiasi apa yang selama ini juga jadi komitmen Ibu Puan baik saat menjadi Menteri maupun saat ini ketika menjadi Ketua DPR RI," ungkap Ketua Umum Laskar Jamu Gendong Indonesia Lasmi dalam diskusi politik Indonesia Point bertajuk "Puan Maharani dan Penguatan Ekonomi Digital Perempuan Pelaku UMKM". 

Dikatakan Lasmi, UMKM memasuki pasar digital sudah merupakan suatu keharusan. Karena itu pula pihaknya meminta pemerintah agar memperhatikan UMKM secara khusus para pelaku perempuan agar didampingi secara konsisten agar memiliki kemampuan memasuki eksositem ekonomi digital. 

"Bicara pandemi sebenarnya bicara bagaimana UMKM mampu memberi kontribusi bagi kehidupan skala kecil rumah tangga. Dan itu yang selama ini terjadi ketika banyak yang kehilangan pekerjaan karena PHK, UMKM menjadi penopang utama. Maka sangat wajar jika pemerintah atau pemimpin nasional ke depan memberi perhatian pada kami-kami pelaku UMKM ini," lanjut Lasmi. 

Ia dan anggota komunitas Jamu di seluruh Indonesia misalnya merasa sangat terbantu setelah memanfaatkan teknologi digital dalam menjual sekaligus memasarkan produknya. 

Baca juga : Minyak Goreng Kemasan Rp 20.000, Curah Rp14.000-an

"Khusus jamu memang kami berkembang justru sangat baik saat pandemi ini karena kebutuhan masyarakat tinggi untuk daya tahan tubuh. Lebih tinggi lagi ketika kami mulai memanfaatkan teknologi digital. Penjualan misalnya naik bisa 800 botol per hari. Artinya potensi besar sekali," ungkapnya. 

Pihaknya mengetahui juga bagaimana Ketua DPR RI Puan Maharani aktif memberikan pendampingan bagi komunitas jamu di Jawa Tengah. 

"Belum lama ini beliau mengunjungi komunitas jamu di Sukoharjo. Dan beliau memberikan arahan soal aspek digital ini agar dimasuki. Artinya beliau punya perhatian khusus bagaimana perempuan pelaku UMKM ini bisa naik kelas dan tidak lagi dianggap sebelah mata," jelasnya. 

Dalam konteks kepemimpinan nasional, Lasmi menilai sosok Puan tepat dalam kaitan dengan memperjuangkan aspirasi para perempuan khususnya lagi para pelaku UMKM. 

"Secara sederhana tentu saja perempuan lebih memahami apa saja yang menjadi kebutuhan perempuan. Kami pelaku UMKM perempuan di Indonesia berharap banyak pada sosok Ibu Puan yang bisa memberi perhatian pada kami lebih besar lagi. Kami doakan beliau bisa menjadi pemimpin nasional ke depan," pungkas Lasmi. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Ilustrasi

Investasi Kripto Harus Diimbangi dengan Edukasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 14:49 WIB
Sihard berharap para pelaku investasi kripto dan sejenisnya mampu ambil bagian dalam memberikan wawasan dan masukan bagi pemerintah demi...
Dok.Ist

Bidik Dana Rp7 Triliun, Alan dan Susi jadi Duta Tabungan Bisnis BTN

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 14:41 WIB
Sejak diluncurkan Maret 2022, umlah tabungan BTN Bisnis mencapai 15.000 rekening dengan nilai simpanan sekitar Rp 1,5...
ANTARA

Jelang Iduladha 2022, Harga Bahan Pokok di Kota Depok Melambung Tinggi

👤 Kisar Rajaguguk 🕔Kamis 07 Juli 2022, 14:32 WIB
Pedagang sayuran itu mengaku merasa keberatan dengan kenaikan harga kebutuhan pokok...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya