Sabtu 28 Agustus 2021, 16:10 WIB

Menaker: Tripartit Berperan Penting Jaga Kelangsungan Usaha

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Menaker: Tripartit Berperan Penting Jaga Kelangsungan Usaha

Antara
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat melakukan kunjungan kerja di Makassar.

 

MENTERI Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menilai tripartit memegang peranan penting dalam menjaga kelangsungan usaha di masa pandemi covid-19. 

Oleh karena itu, tripartit harus terus memperkuat dialog sosial sebagai sarana komunikasi, koordinasi dan konsolidasi mengenai dampak pandemi. Adapun tripartit mencakup unsur pemerintah, pengusaha dan pekerja/buruh.

Ketiga elemen harus memiliki komitmen yang sama dalam melihat persoalan maupun solusi terhadap dampak pandemi di sektor ketenagakerjaan. "Kekuatan tripartit menjadi kunci sukses dalam menjaga kelangsungan bekerja dan kelangsungan usaha di masa pandemi covid-19," ujar Ida dalam siaran pers, Sabtu (28/8).

Baca juga: Bank Dunia: Indonesia Perlu Perbaiki Ekosistem Ketenagakerjaan

Untuk memperkuat dan meningkatkan peranan tripartit di masa pandemi, lanjut dia, Kemnaker bersama Kadin Indonesia, Apindo dan pimpinan serikat pekerja/buruh telah menggelar Deklarasi Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19.

"Deklarasi tersebut merupakan bentuk komitmen bersama. Sekaligus, kolaborasi antara pemerintah, pengusaha dan pekerja/buruh untuk mengatasi tantangan ketenagakerjaan, yang dilandasi semangat saling peduli," pungkas Ida.

Baca juga: Menteri ESDM Pastikan Premium Dihapus Secara Bertahap

Pihaknya juga menerbitkan Keputusan Menaker Nomor 104 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Hubungan Kerja Selama Masa Pandemi Covid-19. Pedoman itu merupakan acuan dalam pelaksanaan hubungan kerja, khususnya bagi perusahaan yang terdampak pandemi dan kebijakan penanggulangannya.

"Ini penting agar tidak ada tindakan sepihak yang dilakukan oleh pengusaha maupun pkerja/buruh. Sehingga, diharapkan kondisi hubungan kerja di tempat kerja tetap kondusif," tutupnya.(OL-11)


 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Gandeng Universitas, Kemenkop UKM Cetak Wirausaha Buka Lapangan Kerja

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:19 WIB
Teten Masduki mengatakan bahwa saat ini Indonesia perlu menyiapkan wirausahawan muda yang memiliki pendidikan tinggi dan berasal dari...
MI/Adi Kristiadi

Satu Harga, Stok Minyak Goreng di Makassar Aman Hingga Tiga Bulan

👤Lina Herlina 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:57 WIB
Rabu (19/1), mulai pukul 00.01, pemerintah mengeluarkan kebijakan minyak goreng satu harga, yaitu Rp14 ribu per liter untuk menstabilkan...
Ist

Kebutuhan Pembiayaan Korporasi pada Desember 2021 Meningkat 

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:26 WIB
Hal tersebut tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi Desember 2021 sebesar 17,4% lebih tinggi dari SBT 14,8% pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya