Sabtu 14 Agustus 2021, 12:30 WIB

Wapres: Asuransi Syariah Harus Siap Hadapi Tantangan AFAS

Basuki Eka Purnama | Ekonomi
Wapres: Asuransi Syariah Harus Siap Hadapi Tantangan AFAS

MI/Asdep KIP Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan pidato pada acara Milad ke-18 AASI secara virtual, Sabtu (14/8).

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan industri asuransi di Indonesia akan menghadapi tantangan ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS) yang bertujuan menghilangkan pembatasan perdagangan jasa di antara negara-negara ASEAN.

"Dalam waktu dekat, industri asuransi syariah juga akan menghadapi tantangan keterbukaan pasar regional melalui ASEAN Framework Agreement on Services yang akan dimulai pada 1 Januari 2025," kata Wapres di acara Milad ke-18 Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) secara virtual, Sabtu (14/8).

Dengan mulai berlakunya AFAS tersebut, lanjut Wapres, industri asuransi syariah di Indonesia akan semakin kompetitif untuk memimpin pasar asuransi di tingkat nasional dan regional.

Baca juga: Standar Internasional Bikin Produk Pertanian Naik Kelas

"Persaingan usaha asuransi syariah di dalam negeri akan semakin kompetitif seiring masuknya pesaing perusahaan asuransi dari negara-negara ASEAN," tambahnya.

Meski demikian, kata Wapres, kondisi tersebut bisa menjadi peluang bagi industri asuransi syariah untuk memperluas pasar ke negara-negara ASEAN.

"Industri asuransi syariah nasional harus terus mempersiapkan diri, lebih kompetitif, dan lebih efisien sehingga mampu bersaing di dalam negeri serta memimpin pasar asuransi syariah di tingkat regional," jelasnya.

Dalam rangka pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, Wapres mengatakan industri asuransi syariah memiliki kesempatan untuk meningkatkan rantai nilai halal atau halal value chain.

"Asuransi syariah memiliki kesempatan berperan lebih besar dalam halal value chain, baik melalui industri produk halal maupun industri keuangan syariah," kata Wapres.

Pemerintah juga akan terus mendukung upaya pengembangan industri keuangan syariah nasional sebagai upaya untuk menjadikan Indonesia pusat industri keuangan syariah dunia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Ist/BRI

Edukasi UMKM, BRI Gelar Pesta Rakyat Simpedes di Galuh Mas Karawang

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 08:02 WIB
PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mewujudkan komitmen dalam memberdayakan UMKM serta menjadi pendorong inklusi keuangan di...
Ist

Gandeng BEI, Stockbit Juga Ajak Mahasiswa Ikut Kompetisi Trading Saham

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 07:51 WIB
Komitmen ini diwujudkan melalui pelaksanaan kegiatan Sekolah Pasar Modal yang merupakan hasil kolaborasi antara Bursa Efek Indonesia...
DOK/PT POS INDONESIA

Pos Indonesia Teken Kerja Sama dengan PT Inka Multi Solusi Service

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 22:30 WIB
Ruang lingkup kerja sama berupa kemitraan strategis terkait jasa kiriman logistik serta pemanfaatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya