Senin 14 Juni 2021, 16:00 WIB

OJK Sebut Restrukturisasi Kredit Semakin Melandai

Despian Nurhidayat | Ekonomi
OJK Sebut Restrukturisasi Kredit Semakin Melandai

Antara
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saat menjadi pembicara.

 

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) menyatakan restrukturisasi kredit di industri perbankan terus melandai. Hal ini pun menunjukkan adanya perbaikan di tengah pemulihan ekonomi nasional.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan restrukturisasi kredit perbankan saat ini berkisar Rp775 triliun. Capaian itu membaik dari posisi akhir Maret 2021, yakni sebesar Rp808,75 triliun.

Baca juga: Ketua OJK Nilai Kondisi Perbankan Nasional Stabil

Meski mengalami penurunan, lanjut Wimboh, ada sejumlah sektor yang masih cukup berat. Misalnya, sektor pariwisata yang erat kaitannya dengan mobilitas masyarakat.

"Yang kita restrukturisasi tadinya Rp 900 triliun, sudah di bawah Rp 800 triliun. Angkanya Rp 775 triliun. Sebagian sudah menjadi normal. Tidak semuanya, ada yang berat, terutama sektor yang sekarang yang tergantung mobilitas," jelas Wimboh dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (14/6).

Baca juga: Jumlah Kredit Restrukturisasi Melambat, Bisnis Debitur Mulai Pulih

OJK dikatakannya terus mengidentifikasi sektor dan pelaku usaha yang mengandalkan mobilitas. Sehingga, tetap bisa bertahan di masa pandemi covid-19. Dia pun mencontohkan sektor pariwisata yang mengandalkan wisatawan asing, tentu akan kesulitan saat ini. Pasalnya penjualan mereka kurang cocok bagi wisatawan dalam negeri.

"Sektor pariwisata yang mengandalkan wisatawan mancanegara itu hotelnya bintang 5 sampai 7, yang bukan jadi konsumsi turis domestik. Ini mau diapain. Makanya ada istilah potensi jadi zombie company. Pariwisata ini perlu kebijakan tersendiri," pungkas Wimboh.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Menhub Dorong Perusahaan Produksi Kendaraan Berbasis Motor Listrik

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:24 WIB
Kemenhub juga mendorong penyedia jasa kendaraan untuk publik menggunakan kendaraan...
DOK Pribadi.

2022 Diyakini sebagai Tahun Kebangkitan Properti

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:16 WIB
Pasalnya, Jakarta tetap akan menjadi pusat ekonomi dan bisnis. Apalagi pembangunan infrastruktur tetap berjalan seperti kereta cepat, MRT,...
Antara/Dhemas Reviyanto

Aliran Keluar Modal Asing dari Indonesia DIprediksi Hanya Berlangsung Singkat 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:30 WIB
Lebih lanjut, Josua menjelaskan, aliran modal asing yang keluar secara khusus berlangsung di pasar SBN, mengingat di pasar saham masih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya