Sabtu 22 Mei 2021, 10:40 WIB

Menparekraf Dorong Percepatan Pembangunan KEK Pariwisata di Jatim

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Menparekraf Dorong Percepatan Pembangunan KEK Pariwisata di Jatim

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Menparekraf andiaga Uno (kedua kiri) di arena Festival Joglosemar di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jateng, Kamis (20/5).

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Jawa Timur.

"Setelah berdiskusi dengan Ibu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa), ada beberapa masukan yang harus ditindaklanjuti termasuk KEK Singosari, yang rencananya akan dijadikan KEK berbasis wisata dan teknologi, yang dikhususkan untuk kawasan ekonomi kreatif," kata Sandiaga melalui siaran pers yang diterima, Sabtu (22/5).

Sandiaga berharap nantinya keberadaan KEK Singosari akan menjadi episentrum ekonomi kreatif bukan hanya di Jawa Timur melainkan juga di Indonesia.

"Keberadaan KEK Singosari diharapkan dapat meningkatkan keterampilan, beradaptasi dengan teknologi, dan membuka lapangan kerja baru yang berkualitas," ujarnya.

Selain itu, Sandiaga juga menjelaskan soal eksekusi dana hibah pariwisata. Menurutnya, perlu dilakukan koordinasi dengan kepala daerah agar dana hibah tersebut tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

"Sektor pariwisata, menjadi sektor yang paling terdampak akibat pandemi, untuk itu kami berharap dana hibah ini akan menggairahkan kembali serta memperkuat struktur sektor parekraf di Jawa Timur," ungkapnya.

Tercatat, pada 2020 Kemenparekraf telah menyalurkan dana hibah pariwisata sebesar Rp2,2 triliun kepada 6.730 hotel dan 7.630 restoran. “Tahun lalu hibah pariwisata terserap hingga 70%, tahun ini diusulkan diperluas dan diperbesar jumlahnya menjadi Rp3,7 triliun," pungkas Sandiaga. (Mir/OL-09)

Baca Juga

Dok.PGE

RI Berpotensi Jadi Pusat Industri Panas Bumi Skala Global, Butuh Usaha Bersama

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 09:56 WIB
Perlu ada akselerasi ekstra dari  dari pemerintah selaku regulator, tidak hanya mengandalkan pelaku...
MI/Ardi.

Penghargaan IRRI sebagai Penyemangat Pertanian Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 09:47 WIB
Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) menilai penghargaan yang diberikan International Rice Research Institute (IRRI)...
Ist

Rekind Telah Mencapai Milestone Gas-In di Proyek JTB

👤mediaindoenesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 08:55 WIB
Rekind, anak perusahaan Pupuk Indonesia Holding Company, mendapatkan sertifkat RHIC (Ready for Hydrocarbon In...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya