Jumat 12 Juni 2020, 15:14 WIB

Nicke Tetap Dirut Pertamina, Erick Thohir: Pilihan Terbaik

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Nicke Tetap Dirut Pertamina, Erick Thohir: Pilihan Terbaik

Antara/Puspa Perwitasari
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersiap mengikuti rapat dengan Komisi VII DPR RI.

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengungkapkan alasan terpilihnya kembali Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Menurutnya, sosok Nicke masih tepat untuk memimpin BUMN energi tersebut.

"Saya rasa pertimbangannya Bu Nicke masih pilihan terbaik. Beberapa tugas yang diberikan bisa berjalan semua," kata Erick dalam konferensi pers virtual, Jumat (12/6).

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Erick menghapus separuh jajaran direksi Pertamina, yakni dari sebelas direksi menjadi enam direksi.

Baca juga: Separuh Direksi Pertamina Dipangkas

Adapun enam direksi yang tersisa, yaitu Direktur Utama tetap dijabat Nicke Widyawati, posisi Direktur Penunjang Bisnis dipegang Haryo Yunianto dan Direktur Keuangan diduduki Emma Sri Martini.

Selanjutnya, Direktur Sumber Daya Manusia dijabat Koeshartanto, Direktur Logistik dipegang Mulyono dan Direktur Strategi dijabat Iman Rachman.

"Kalau kita lihat apa yang terjadi di Pertamina, nanti ada holding tetapi bukan super holding. Nah, holding itu direksinya harus ada enam, tidak kebanyakan," pungkas Erick.

Baca juga: Pertamina Sulap Lapangan Bola Jadi RS Darurat Covid-19

"Yakni, ada dirut, ada finance, human capital, corporate service dan lainnya," imbuhnya.

Erick menekankan perombakan direksi terjadi jika bersikap tidak profesional. Dalam hal ini, mempertimbangkan aspek performa dan kinerja.

"Saya mau klarifikasi. Jadi tidak semua dirut yang diangkat menteri sebelumnya, (akan) saya ganti. Itu bukan kepemimpinan saya. Sehingga, saya utamakan kepemimpinan di BUMN harus ada KPI (Key Performance Index)," tandas Erick.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Dok AKR Land

Pengembangan Properti Mesti Mampu Angkat Ekonomi Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 21:50 WIB
Proyek-proyek kota satelit yang dikembangkan AKR Land merupakan perwujudan kontribusi perusahaan terhadap pembangunan di...
Antara/Umarul Farug

Diwarnai Perlawanan, Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Rokok

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 19:15 WIB
Mereka melempari kapal BC 10009, BC 15040, BC 15041, dan HSC yang dikuasai Bea Cukai dengan bom molotov, mercon, serta kembang...
Dok. Bank Mandiri

Peduli Bencana Alam, Bank Mandiri Salurkan Bantuan Darurat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 18:34 WIB
Pengiriman bantuan tanggap darurat Mandiri Peduli Bencana tersebut dilakukan oleh karyawan dan sukarelawan melalui jalan darat dari lokasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya