Rabu 20 Maret 2019, 11:31 WIB

Penugasan Impor Bawang Putih Bebani Bulog

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Penugasan Impor Bawang Putih Bebani Bulog

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyaha

 

PERUM Bulog kembali menelan pil pahit akibat kinerja produksi pertanian yang tidak maksimal. Setelah sebelumnya secara mendadak ditugasi mengimpor beras, daging kerbau dan jagung, sekarang perseroan harus mendatangkan bawang putih juga secara instan.

Sebanyak 100 ribu ton atau seperlima dari total kebutuhan di Indonesia harus tiba sebelum Ramadan tiba.

Pengamat Pertanian Khudori mengatakan penugasan impor kepada Bulog kali ini tidak berbeda dengan sebelumnya. Pemerintah seperti tidak memiliki rencana atau antisipasi yang tepat hingga akhirnya mengambil langkah yang terlihat tergesa-gesa.

“Polanya tidak berubah seperti beras atau jagung. Ketika sudah terdesak, tidak punya alternatif lain, masalah dilempar ke Bulog,” ujar Khudori kepada Media Indonesia, Rabu (20/3).

Baca juga: Turunkan Harga, Pemerintah Akan Impor Bawang Putih dari Tiongkok

Penugasan-penugasan mendadak, lanjut dia, berpotensi membuat perseroan tidak fokus pada tugas-tugas yang telah diemban selama ini, terutama dalam mengelola komoditas beras.

Ia pun sangat menyayangkan kebijakan tersebut karena semestinya pemerintah bisa lebih bijaksana dengan berkaca pada persoalan-persoalan pangan di masa sebelumnya.

Strategi-strategi cadangan semestinya sudah disiapkan jauh hari. Pemerintah harus memiliki data akurat untuk memproyeksi ketersediaan bahan pangan, bukan menunggu harga melambung tinggi baru bergerak.

Menurut pantauan di beberapa pasar ibu kota, harga komoditas tersebut dalam kondisi tinggi. Di Pasar Kebayoran Lama dan Palmerah, harga bawang putih menyentuh Rp40 ribu per kilogram. Padahal, saat normal, harga bawang putih hanya berkisar Rp22 ribu per kg.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Bhinneka.com

Bhinneka dan Yayasan Indonesia Setara Perkuat Kolaborasi Lewat Kajian Ekonomi 5

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 23:25 WIB
Hendrik Tio menjelaskan, Bhinneka hadir sebagai kurator UMKM berkualitas dengan mengkurasi para pelaku UMKM untuk bisa hadir di platform...
Dok. JULO

Kolaborasi JULO dan BukuWarung Perluas Akses Kredit untuk Pembiayaan Modal Usaha 7 Juta UMKM

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:39 WIB
Sejak Agustus 2021, JULO bekerja sama dengan BukuWarung memberikan akses kredit digital ke 7 juta UMKM pengguna BukuWarung di...
Dok. Lanxess

Lanxess Gelar Virtual Days Sosialiasi Perkembangan Industri Bahan Kimia Khusus

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:30 WIB
Webinar akan digelar dalam berbagai bahasa dengan basis waktu berbeda-beda bagi wilayah Eropa dan Timur Tengah (EMEA), Asia, India, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya