Rabu 20 Februari 2019, 10:11 WIB

Pelindo dan Pertamina Jalin Kerja Sama Bisnis Strategis

Micom | Ekonomi
Pelindo dan Pertamina Jalin Kerja Sama Bisnis Strategis

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Menteri BUMN Rini Soemarno (kiri) berbincang dengan Dirut Pertamina Nicke Widyawati (kedua kiri), Dirut Pelindo IV Farid Padang (ketiga kiri), Dirut Pelindo II Elvyn G Masassya (kedua kanan), Dirut Pelindo I Bambang Eka Cahyana (ketiga kanan) dan Dirut Pe

 

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan PT Pertamina (Persero) sepakat menjalin kerja sama bisnis dalam kerangka sinergi BUMN yang lebih kokoh.

Kerja sama terkait pendistribusian energi di seluruh wilayah pelabuhan di Indonesia yang menjadi kewenangan Pelindo ditandatangani oleh Direktur Utama Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana bersama Direktur Utama Pelindo II, Pelindo III, dan Pelindo IV serta Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati yang disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno di Kantor Kementerian BUMN, Senin (18/2).

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana menjelaskan kerja sama Pelindo dengan Pertamina merupakan salah satu wujud sinergi BUMN yang semakin memperkuat peran pelabuhan sebagai pintu gerbang perekonomian, khususnya di pintu barat Indonesia yang menjadi wilayah operasional Pelindo 1.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan kerja sama antara Pertamina Group dengan Pelindo Group bertujuan membangun kekuatan bisnis yang lebih kokoh dan efisien dalam rangka menghadapi persaingan usaha yang semakin kompetitif.

Baca juga: Sinergi PGN-Pertagas Luncurkan The Gas

Dengan sinergi, akan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki oleh masing – masing BUMN untuk mencapai pola usaha yang efektif.

“Pelabuhan merupakan pintu gerbang  bisnis dunia yang akan menggerakkan perekonomian nasional. Karena itu, Pertamina harus memastikan ketersediaan dan ketahanan energi  di setiap pelabuhan di seluruh Indonesia. Dengan kerjasama ini, distribusi energi di seluruh pelabuhan akan semakin efektif dan efisien,” ujar Nicke.

Khusus untuk kerja sama bisnis yang sifatnya quick win, imbuh Nicke,  akan dilakukan dalam tiga lini bisnis di antaranya: penggunaan BBM di seluruh pelabuhan, serta penggunaan pelumas Pertamina.

Secara keseluruhan, berbagai kerja sama bisnis Pertamina – Pelindo setidaknya meliputi  18 bidang antara lain, di Pelindo 1 sendiri terkait pengoperasian Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) dan Gas di Belawan dan Kuala Tanjung, Pengoperasian Terminal Dumai, dan Pengembangan Water  Front  City Pekanbaru.

“Dengan terjalinnya kerja sama ini, diharapkan mampu semakin mendongkrak kinerja operasional di pelabuhan-pelabuhan yang dinaungi oleh Pelindo 1 seperti Pelabuhan Kuala Tanjung yang akan menjadi hub port internasional dan Pelabuhan Dumai yang menjadi pelabuhan ekspor CPO terbesar di Indonesia," tambah Bambang Eka Cahyana.

Selain itu, Pelindo 1 juga melakukan kerja sama dengan anak usaha Pertamina, Patra Jasa dalam Pengembangan Water Front City di Pasar Bawah, Pekanbaru yang bertujuan mendorong sektor pariwisata di Pekanbaru. (RO/OL-2)

Baca Juga

Ist

Digitalisasi Dorong Kopi Indonesia Mendunia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:49 WIB
Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu yang berpeluang meraih manfaat besar dari pesatnya perkembangan...
Dok. United

Perluas Akses Mendapatkan Sepeda Berkualitas, SBI akan Buka 2 Pusat Distribusi Tahun Ini 

👤Ghanni Nurcahyadi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:52 WIB
Direktur Utama SBI Andrew Mulyadi mengungkapkan, pusat distribusi itu nantinya akan makin memudahkan konsumen untuk mengakses sepeda...
MI/Susanto

Strategi Penanganan Pandemi Berbuah Manis pada Perekonomian 

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:20 WIB
“Strategi penanganan covid-19 menghasilkan hasil yang baik, sehingga pemulihan ekonomi dapat berjalan sesuai dengan apa yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya