Selasa 10 Januari 2023, 20:25 WIB

Hewan Peliharaan Membantu Menjaga Ingatan Seiring Bertambahnya Usia

Nike Amelia Sari | Weekend
Hewan Peliharaan Membantu Menjaga Ingatan Seiring Bertambahnya Usia

Unsplash/ Krista Mangulsone
Hewan peliharaan dapat membantu manusia menjaga fungsi kognitif.

 

TEMUAN dari University of Michigan, Amerika Serikat, menunjukkan dampak dari memelihara hewan peliharaan dapat melindungi lebih dari sekedar kesehatan usus dan hati kita. Melainkan, memiliki hewan peliharaan juga bisa berperan dalam otak kita yang menua.

 

Studi yang dilakukan terhadap orang dewasa Amerika Serikat yang berusia di atas 50 tahun itu menemukan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan, memiliki kognitif yang lebih baik. Hewan peliharaan itu telah mereka miliki selama lebih dari lima tahun.

 

Melansir dari situs Science Alert, Senin (9/1), hasil dari studi yang dipublikasikan dalam Journal of Aging and Health ini didasarkan pada survei perwakilan nasional dari tahun 2010 hingga 2016, yang antara lain menanyakan kepada lebih dari 20 ribu orang dewasa. Mereka dipantau selama enam tahun.

 

Jika seseorang dalam kelompok usia tersebut telah memiliki hewan peliharaan selama lebih dari lima tahun, tim peneliti menemukan bahwa ingatan jangka pendek dan jangka panjang mereka untuk kata-kata jauh lebih baik daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan tetapi memiliki usia yang sama.

 

Setiap kali peserta diuji selama periode enam tahun, kelompok pemilik hewan peliharaan menunjukkan skor yang lebih baik, bahkan saat individu bertambah tua. Memiliki seekor anjing, misalnya, bisa berarti pemilik hewan peliharaan dipaksa untuk bangun dan bergerak lebih banyak, dan gerakan sehari-hari terkait erat dengan kesehatan otak dan umur panjang fungsional.

 

Hewan juga membawa bakteri baru ke dalam sirkulasi rumah tangga, yang dapat meningkatkan kesehatan usus kita menjadi lebih baik.  Kebetulan, koneksi usus-otak adalah salah satu yang baru-baru ini disadari oleh para ilmuwan jauh lebih penting daripada yang pernah kita pikirkan.

 

Peneliti juga menemukan potensi hewan peliharaan membuat kita bahagia.  Studi menunjukkan kehadiran hewan dalam hidup kita dapat menghilangkan rasa kesepian dan mengurangi stres kronis. Di usia tua, itu bisa menjadi lebih penting dari sebelumnya.  Bukti menunjukkan isolasi dapat mengubah struktur dan fungsi otak kita.

 

Semua teori ini ada kemungkinan setidaknya sebagian benar. Faktor risiko umum untuk demensia termasuk aktivitas fisik, isolasi, penyakit kardiovaskular, depresi/kecemasan, dan stres kronis. Memiliki seseorang untuk diajak bicara sepanjang hari, meskipun mereka bukan sesama manusia, dapat melatih jaringan verbal di otak kita. (M-1)

Baca Juga

Kenzo TRIBOUILLARD / AFP

Mengais Sisa-sisa dari Pertempuran Bersejarah Waterloo

👤Adiyanto 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 17:16 WIB
Pada palagan yang terletak 20 kilometer (12 mil) selatan Brussel, Belgia itu, tentara Napoleon yang kalah jumlah, menyerah...
Dok. Lemonilo

Lemonilo Hadirkan Ruang Temu Para Penggerak Perubahan

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 10:38 WIB
Lemonilo mengadakan acara 'Change Maker Meet' sebagai wadah pertemuan bagi para sosok penggerak perubahan di berbagai...
Dok. Media Indonesia Publishing

Perihal Kopi Nusantara

👤Pro/M-2 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 08:15 WIB
KOPI bukan hanya sekadar biji tumbuhan bercita rasa khas. Kopi digemari dan dicari sebagai sumber kepuasan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya