Jumat 25 November 2022, 14:20 WIB

Lima Tanda Infertilitas pada Perempuan

Putri Rosmalia | Weekend
Lima Tanda Infertilitas pada Perempuan

Dok. medicalnewstoday.com
ilustrasi

 

Infertilitas atau kondisi ketidaksuburan kerap menjadi masalah utama pada sebuah rumah tangga yang ingin memiliki anak. Infertilitas dapat terjadi bahkan pada pasangan yang memiliki fisik dan gaya hidup sehat sehat serta masih berusia produktif.

Ketidaksuburan bisa terjadi pada pria maupun wanita. Dilansir dari Medical News Today, Jumat, (25/11), sulitnya mendapatkan anak dapat disebabkan oleh tiga hal. Pertama masalah kesuburan pada wanita, masalah kesuburan pada pria, serta faktor eksternal yang terjadi pada kehidupan masing-masing pasangan seperti kesibukan dan kondisi kesehatan.

Bagi pasangan yang ingin atau tengah bersiap menjalankan program memiliki anak, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diwaspadai sebagai tanpa infertilitas pada wanita.

1. Sakit saat berhubungan seksual

Rasa sakit yang muncul pada area kewanitaan saat berhubungan seksual dapat berkaitan dengan masalah infertilitas. Biasanya rasa sakit muncul akibat adanya infeksi hingga masalah lain yang lebih serius seperti endometriosis dan fibroid.

2. Masalah menstruasi

Menstruasi yang lancar setiap bulannya merupakan salah satu tanda kondisi kesuburan seorang wanita dalam kondisi baik. Setiap wanita harus waspada jika silkus menstruasinya tidak teratur. Misalnya jarak antar masa menstruasi hingga berbulan-bulan, periode datangnya menstruasi yang panjang, rasa sakit tak tertahankan setiap kali menstruasi, hingga munculnya gejala lain yang mengganggu secara berlebihan seperti sakit kepala berat dan sakit punggung.

3. Warna darah menstruasi berbeda

Warna darah menstruasi juga dapat menjadi penanda kondisi infertilitas. Dalam kondisi normal, darah menstruasi akan berwarna merah terang di awal menstruasi dan menjadi gelap menjelang berhenti. Setiap wanita harus waspada jika melihat kondisi darah menstruasi yang lebih pucat atau merah muda sejak awal hingga akhir masa menstruasi. Begitupun sebaliknya, warnanya terlalu gelap atau kehitaman sejak awal masa menstruasi.

4. Masalah hormon

Masalah hormon dapat menjadi tanda adanya masalah pada kesehatan tubuh, termasuk dalam hal kesuburan. Seseorang yang mengalami gejala akibat perubahan hormon tubuh berpotensi mengalami infertilitas. Biasanya perubahan hormon akan menunjukkan beberapa gejala. Di antaranya kemunculan jerawat yang parah dan sulit disembuhkan, hilangnya gairah seksual secara drastis dan tiba-tiba, hingga kemunculan rambut-rambut halus di wajah.

5. Obesitas

Obesitas memiliki berbagai dampak negatif pada tubuh. Seorang wanita dengan berat badan berlebih apalagi hingga mencapai kondisi obesitas akan lebih sulit pula untuk hamil. Selain itu, jika berhasil hamil, mereka akan mengalami kehamilan yang beresiko.

(M-4)

Baca Juga

Dok. Kawan-kawan Media

Permainan Ruang dalam Pementasan Setelah Lewat Djam Malam

👤Fathurrozak 🕔Selasa 06 Desember 2022, 13:15 WIB
Lakon Setelah Lewat Djam Malam menghadirkan permainan ruang dengan menyilangkan para aktornya di antara ruang panggung dan...
MI/Fathurrozak

USS 2022, Bukan lagi Sekadar Pesta Sneaker

👤Fathurrozak 🕔Selasa 06 Desember 2022, 08:47 WIB
Pada gelaran 2019, USS berhasil mendatangkan 47 ribu pengunjung dalam tiga hari dengan total transaksi mencapai Rp25...
AFP

Harrisa, Sambal dari Tunisia Masuk Daftar Warisan Budaya UNESCO

👤Devi Harahap 🕔Selasa 06 Desember 2022, 08:39 WIB
Harissa adalah pasta cabai yang terbuat dari olahan cabai kering dengan menggunakan aneka bahan tambahan serta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya