Jumat 08 April 2022, 09:00 WIB

Ini Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Kulit Selama Berpuasa

Nike Amelia Sari | Weekend
Ini Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Kulit Selama Berpuasa

unsplash.com/Heather Ford
Salad alpukat baik untuk kesehatan kulit

 

Beberapa makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa dapat membantu menjaga kesehatan saat menjalani ibadah puasa. Konsumsi makanan yang sehat pastinya akan memengaruhi pada seluruh tubuh, termasuk kulit. Selain kaya nutrisi, beberapa makanan, juga dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Berikut beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat Ramadan untuk menjaga kesehatan kulit, seperti dilansir dari instagram GEUT BY DR. T @geut.id, milik musisi dan dokter bedah plastik, dokter Teuku Adifitrian atau dikenal dengan dokter Tompi dan istrinya, dokter spesialis gizi klinik, dokter Arti Indira, yang mereka unggah Kamis (7/4).

1. Teh Hijau

Teh hijau terkenal dengan kandungannya yang tinggi antioksidan. Teh hijau juga dapat dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. Teh ini dapat membantu memperbaiki lapisan kulit yang rusak, mencegah kulit dehidrasi, dan membantu detox kulit.

Dengan kandungan antioksidan EGCG di dalam teh hijau sehingga dapat memperbaiki sel yang rusak dan mencegah sel yang masih sehat mudah mati. Selain itu, juga dapat membuat kulit wajah tampak jauh lebih muda dan kenyal. Tak hanya itu, kandungan polyphenols dapat mengurangi reaksi iritasi akibat sinar matahari atau penggunaan kosmetik yang tidak cocok untuk kulit seperti kemerahan dan perih. Lalu, juga dapat menyembuhkan jerawat.

2. Alpukat

Alpukat bukan hanya membuat perut kenyang lebih lama karena mengandung lemak yang baik, tetapi juga kaya akan nutrisi. Buah ini memiliki kandungan folat, kalium, vitamin C, dan protein yang menjaga kelembapan dan mencerahkan kulit. Kandungan omega 3, vitamin C, dan antimikroba dapat mengurangi munculnya jerawat.

Buah ini juga dapat menghasilkan minyak yang dapat digunakan untuk membersihkan wajah, melembapkan kulit, mengatasi kulit kering, dan menjaga kulit.

3. Ikan

Ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit, menjaga kelembapan kulit dan menghidrasi kulit. Nutrisi di dalam ikan di antaranya protein yang bisa menjaga elastisitas kulit wajah. Selain itu, omega 3 dalam ikan juga bisa menjadi tabir surya bagi kulit.

Sementara itu, vitamin A yang terkandung pada ikan dapat membantu meregenerasi kulit, mengecilkan pori-pori kulit hingga mencegah keriput. Kemudian, vitamin E dapat menjadi antioksidan bagi kulit yang membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.

4. Daging merah

Daging merah selain mengandung protein, juga mengandung zat besi untuk mencegah munculnya dark circle. Manfaat lain dari zat besi ialah untuk mengirimkan oksigen ke organ tubuh lain termasuk kulit.

Protein bisa menghasilkan kolagen pada kulit yang dapat menangkal garis-garis halus dan kerutan. Protein dapat menjaga kekencangan kulit dan menghasilkan keratin yang memperkuat lapisan kulit, kuku, dan rambut. (M-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom

Desa Tinalah Yogyakarta Jadi Jawara di Creative Tourism Destination Award 2022

👤Fathurrozak 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:05 WIB
Desa Wisata Tinalah di Yogyakarta memboyong tiga penghargaan di Creative Tourism Destination Award...
AFP

Indikator Iklim Kritis Memecahkan Rekor pada 2021

👤Adiyanto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 10:42 WIB
Kekeringan dan banjir memicu kenaikan harga pangan yang diperparah pada tahun...
AFP

Album Milik John Lennon dan Memorabilia Musik Koleksi Penyiar BBC ini bakal Dilelang

👤adiyanto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 09:08 WIB
Sejumlah artefak yang akan dilelang itu termasuk album Two Virgins milik John Lennon dan Yoko Ono, yang dirilis dalam bentuk piringan hitam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya