Senin 10 Mei 2021, 05:04 WIB

Semangkuk Sayur Hijau Sehari Tekan Risiko Sakit Jantung

Nike Amelia Sari | Weekend
Semangkuk Sayur Hijau Sehari Tekan Risiko Sakit Jantung

123RF/Andrea de Martin
Semangkuk sayuran hijau sehari sekali tekan risiko sakit jantung.

Studi baru mengungkapkan, hanya mengonsumsi semangkuk sayuran hijau segar, seperti bayam atau kangkung, sehari sekali dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 26%.

Ilmuwan Australia melihat sampel lebih dari 50.000 orang di Denmark.

"Hasil kami menunjukkan bahwa hanya dengan makan semangkuk sayuran segar atau setengah mangkuk dimasak dengan sayuran kaya nitrat setiap hari, orang mungkin dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," kata penulis studi Dr Catherine Bondonno dari Edith. Universitas Cowan (ECU) di Australia Barat.

Dilansir dari dailymail.co.uk, Rabu (5/5), nitrat nabati dikaitkan dengan penurunan tekanan darah & risiko penyakit jantung. Nitrat makanan dapat meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat adalah gas yang membantu pembuluh darah mengembang, menurunkan tekanan darah.

Diketahui tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung. 

Nitrat makanan ditemukan dalam sayuran berdaun hijau dan juga kaya dalam bit, diubah menjadi oksida nitrat oleh bakteri di rongga mulut dan perut.

Dalam sampel lebih dari 50.000 orang, para peneliti menemukan, orang yang sering mengonsumsi sayuran akan memiliki banyak nitrat di dalam tubuh sehingga memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan risiko penyakit jantung hingga 26% lebih rendah.

Para peneliti menyebut porsi asupan sedang dengan mengonsumsi semangkuk sayuran dan porsi ini harus dikonsumsi setiap orang, termasuk orang yang tidak menyukai sayuran. (M-2) 

Baca Juga

AFP

Duh, Habitat dan Populasi Gajah Afrika kian Terancam

👤Galih Agus Saputra 🕔Senin 21 Juni 2021, 07:10 WIB
Para ilmuwan sementara ini menduga gajah-gajah itu mati karena pemanasan global, yang kemudian membuat ganggang beracun bermekaran di...
 Adem ALTAN / AFP

Turki Bakal Luncurkan Misi ke Bulan

👤Galih Agus Saputra 🕔Senin 21 Juni 2021, 06:20 WIB
Jika uji coba berhasil, sebuah wahana penjelajah bulan (Lunar Rover) selanjutnya akan dikirim pada 2028 atau...
Dok. Pribadi

Belum Potensial

👤Meirisa Isnaeni Staf Bahasa Media Indonesia 🕔Minggu 20 Juni 2021, 06:30 WIB
Hendaknya kita cermat dalam pemilihan diksi. Dengan diksi, pesan yang disampaikan akan mudah dipahami dan tidak akan terjadi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya