Sabtu 25 Desember 2021, 16:35 WIB

Teleskop NASA Teknologi Terbaru Siap Tempuh Perjalanan Jutaan Kilometer

Atikah Ishmah Winahyu | Teknologi
Teleskop NASA Teknologi Terbaru Siap Tempuh Perjalanan Jutaan Kilometer

AFP/Bill Ingalls.
Roket Arianespace Ariane 5 dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA di dalamnya pada 23 Desember 2021.

 

TELESKOP ruang angkasa paling kuat di dunia akan diluncurkan ke pos terdepannya sejauh 1,5 juta kilometer dari Bumi pada Sabtu (25/12). Ini setelah beberapa penundaan yang disebabkan oleh halangan teknis.

Teleskop Luar Angkasa James Webb, yang pembuatannya membutuhkan waktu sekitar tiga dekade dan dana miliaran dolar, akan meninggalkan Bumi dalam roket Ariane 5 dari Pusat Antariksa Kourou di Guyana Prancis. Peluncuran tersebut dijadwalkan dalam waktu singkat setelah pukul 09.20 waktu setempat akan mengirim teleskop dalam perjalanan selama sebulan ke orbitnya yang jauh.

Benda tersebut diharapkan dapat memancarkan kembali petunjuk baru yang akan membantu para ilmuwan memahami lebih lanjut tentang asal-usul alam semesta dan planet mirip Bumi di luar tata surya kita. Webb mengikuti jejak Hubble yang legendaris, tetapi bermaksud menunjukkan kepada manusia tentang alam semesta lebih dekat dengan kelahirannya hampir 14 miliar tahun yang lalu.

Berbicara di media sosial, salah satu pendiri proyek Webb, John Mather, menggambarkan sensitivitas teleskop itu yang belum pernah ada sebelumnya. "#JWST dapat melihat tanda panas lebah di jarak Bulan," katanya.

Semua kekuatan itu diperlukan untuk mendeteksi cahaya lemah yang dipancarkan miliaran tahun lalu oleh galaksi-galaksi pertama yang ada dan bintang-bintang pertama yang terbentuk.

Tindakan luar biasa

Teleskop tersebut tidak ada bandingannya dalam ukuran dan kompleksitas. Cerminnya berdiameter 6,5 meter atau tiga kali ukuran cermin Hubble dan terbuat dari 18 bagian heksagonal.

Itu sangat besar sehingga harus dilipat agar muat ke dalam roket. Manuver itu dipandu laser dengan NASA memberlakukan tindakan isolasi ketat untuk membatasi kontak dengan cermin teleskop dari partikel atau bahkan napas manusia.

Begitu roket membawa Webb sejauh 120 kilometer, hidung pelindung pesawat yang disebut fairing dilepaskan untuk meringankan beban. Untuk melindungi instrumen halus dari perubahan tekanan pada tahap itu, pembuat roket Arianespace memasang sistem dekompresi khusus. "Langkah luar biasa untuk klien luar biasa," kata pejabat Badan Antariksa Eropa di Kourou, Kamis.

Baca juga: NASA Luncurkan Pesawat untuk Tendang Asteroid dari Jalur Mengancam

Kru di darat akan mengetahui tahap pertama penerbangan berhasil atau tidak sekitar 27 menit setelah peluncuran. Begitu mencapai stasiunnya, tantangannya yaitu memasang cermin dan pelindung matahari seukuran lapangan tenis sepenuhnya.

Proses kompleks yang menakutkan itu akan memakan waktu dua minggu dan harus sempurna jika Webb ingin berfungsi dengan benar. Orbitnya akan lebih jauh dari Hubble yang telah berada 600 kilometer dari Bumi sejak 1990. Webb diharapkan secara resmi memasuki layanan pada Juni. (France24/OL-14)

Baca Juga

Freepik.com

Twitter Juga Bisa Jadi Medium Pemasaran Digital, Ini Tipsnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 19:38 WIB
Ketua Divisi Kemitraan SIberkreasi Oktora Irahadi menyebutkan, ada 4 hal yang harus diketahui untuk melakukan pemasaran melalui twitter....
Freepik.com

Jaga Loyalitas Pelanggan di Media Sosial, Begini Caranya

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 19:23 WIB
Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia Virna Lim menambahkan, komunikasi dan pelayanan akan menjadi hal yang penting dalam mendukung membangun...
Dok. Binance

Tangkal Kejahatan Finansial dan Siber, Binance Terus Perkuat Tim Penegakaj Hukum Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 15:05 WIB
Sebagai upaya sistematis di industri kripto, program ini diciptakan oleh Binance untuk membantu penegak hukum dan jaksa mendeteksi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya