Minggu 02 Oktober 2022, 11:46 WIB

Presiden Perintahkan Kapolri Lakukan Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Mesakh Ananta Dachi | Sepak Bola
Presiden Perintahkan Kapolri Lakukan Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Setpres
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan duka cita atas peristiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kepala Negara pun segera memerintahkan Kapolri, Menpora hingga Ketum PSSI untuk melakukan investigasi dan evaluasi pasacatragedi yang terjadi pada Sabtu (1/10) itu.

“Saya menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jatim,” ujar Presiden Jokowi melalui media sosial Sekretariat Negara, Minggu (2/10).

“Saya juga telah perintahkan Menpora, Kapolri, dan Ketua Umum PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepakbola dan juga prosedur keamanan penyelenggaraannya,” imbuhnya.

Investigasi dan evaluasi yang akan dilakukan pihak penyelenggara dan aparat keamanan bertepatan dengan adanya penundaan operasional laga 1 hingga waktu yang belum ditentukan.

“Khusus kepada Kapolri untuk melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini, untuk itu saya juga memerintahkan kepada PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan,” tuturnya.

Jokowi juga memerintahkan kepada Menkes dan Pemda, agar dapat melakukan prioritas bagi para korban yang berada di rumah sakit.

“Saya meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jatim untuk memonitor khusus layanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar dapat mendapatkan pelayanan terbaik,” ungkapnya.

Baca juga: IPW : Kok Polisi Tembakkan Gas Air Mata saat Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan?

Presiden ke-7 RI tersebut juga berharap tragedi ini menjadi tragedi sepak bola terakhir di Tanah Air. Mengingat jumlah korban yang ada, tragedi Kanjuruhan merupakan tragedi sepak bola terbesar kedua dalam sejarah.

“Saya menyesalkan terjadinya tragedi ini, dan berharap ini yang terakhir di sepak bola Tanah Air. Jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini di masa yang akan datang,” pungkas Jokowi.

Sebelumnya, laga yang mempertemukan antara Arema kontra Persebaya, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/9), berakhir dengan skor 2-3. Tidak terima akan hasil tersebut, suporter Arema memaksa masuk ke dalam stadion.

Aksi ini dibalas oleh petugas keamanan dengan menggunakan gas air mata. Kericuhan terus bereskalasi, berujung pada kematian sekitar 130 orang hingga berita ini dinaikkan.(OL-5)

Baca Juga

DOK ANTARA

Hadapi Kroasia, Brasil Tidak Ubah Formasi Tim

👤Widhoroso 🕔Jumat 09 Desember 2022, 21:53 WIB
PELATIH Brasil, Tite tidak melakukan perubahan susunan formasi tim yang dimainkan saat menghadapi Kroasia dalam laga perempat final Piala...
JACK GUEZ / AFP

Santos Bantah Ronaldo bakal Tinggalkan Timnas Portugal

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 09 Desember 2022, 21:38 WIB
Media Portugal Rekor mengklaim bahwa Ronaldo telah mengancam akan meninggalkan kamp pelatihan Portugal setelah dia menjadi...
Antara

Jelang Laga Kontra Persik, Persija Siap Tampilkan Tim Terbaik

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:39 WIB
Menurut Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll, timnya cukup mempersiapkan pemulihan kondisi fisik jelang laga melawan Persik Kediri di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya