Selasa 19 Januari 2021, 20:21 WIB

Guardiola Pantang Jemawa dengan Performa Apik Man City

Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola
Guardiola Pantang Jemawa dengan Performa Apik Man City

Twitter @mancity
Pep Guardiola

 

PERLAHAN namun pasti Manchester City menemukan kembali performa mereka. Sempat tertatih di awal musim dengan badai cedera dan pemain yang terkena covid-19 City tenggelam ke papan tengah klasemen.

Namun dengan kemenangan 4-0 atas Crystal Palace terakhir membuat tim asuhan Pep Guardiola tersebut kembali ke peringkan dua dengan koleksi 35 poi. Hasil itu hanya berjarak dua poin dari pemuncak klasemen Manchester United.

City menjadi salah satu tim yang konsisten mempertahankan performa mereka yang mengantarkan kembali mereka ke persaingan gelar juara. City saat ini tetap menjaga catatan kemenangan beruntun mereka sebanyak 8 pertandingan dan belum terkalahkan dari 15 pertandingan.

 

Salah satu kunci kebangkitan City adalah penguatan sektor pertahanannya. Dalam lima kemenangan beruntunnya City hanya kebobolan satu gol selanjutnya mereka tetap menjaga catatan tidak kebobolan hingga saat ini.

 

Sepanjang musim ini di Liga City baru kebobolan 13 gol dari 17 pertandingan. Catatan tersebut hanya disaingi calon lawannya pada pekan ke-20 Aston Villa yang kebobolan 16 gol dari 15 pertandingan.

Meski City berada dalam jalur kemenangan liga, Pelatih Manchester City Pep Guardiola tidak mau melihat kondisi saat ini sebagai indikasi timnya menjadi penantang juara.

“Aku tidak ingin mengirimkan pesan apapun (gelar juara). Kami masih harus menghadapi Aston Villa di tengah pekan. Bagi kami itu satu pertandingan setiap waktu,” tutur Guardiola kepada BBC Sport yang dilansir Goal, Selasa (19/1).

“Beberapa pekan lalu kami berada jauh dibelakang Liverpool dan kami memenangkan sejumlah pertandingan dan itu adalah hal yang harus kami lakukan. Sekarang saya akan menikmati segelas wine dan memikirkan pertandingan melawan Aston Villa,” ujar Guardiola.

Pep yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 50 mengatakan dirinya tidak ingin terlalu percaya diri dan akan memikirkan satu pertandingan demi satu pertandingan setiap waktu.

Ia pun merasa senang dengan kembalinya performa dari Jhon Stones. Menurutnya hal tersebut merupakan hasil kerja keras sang pemain yang mampu melalui masa sulitnya.

Di sisi lain Aston Villa diperkirakan sudah dapat diperkuat pemain utamanya setelah merebaknya covid-19 di markas Aston Villa. Villa memang memiliki jadwl yang tidak begitu menguntungkan dimana mereka telah bertemu dengan Chelsea, Manchester United, Liverpool dan kini Manchester City.

Sejauh ini Villa telah kalah 14 dari 15 pertandingan saat bertemu dengan City. Terlepas dari kandang atau tandang Villa melum pernah menang sekalipun dari City di semua kompetisi.

Namun posisi Villa di papan atas membuat City harus waspada akan kemampuan Villa. Dengan sejumlah pertandingan tunda yang mereka miliki, bila dimenangkan semua bukan tidak mungkin mereka berada di posisi yang sama dengan City saat ini.

Pelatih Villa, Dean Smith sendiri memiliki catatan baik saat laga tandang mereka dengan lima kemenangan dari delapan laga.

Dari susunan pemain Manchaster City diperkirakan masih belum dapat diperkuat striker Sergio Aguero karena isolasi mandiri. Meski City berharap test Aguero akan negatif sebelum menjamu Aston Villa.

 

Gabriel Jesus yang tidak bermain baik saat melawan Crystal Palace diperkirakan akan dirotasi dengan pemain seperti Ferran Torres, Phil Foden dan Riyad Mahrez setelah diistirahatkan dipertandingan sebelumnya.

 

Rodri, Joao Cancelo and Benjamin Mendy serta Kevin De Bruyne diperkirakan akan kembali diturunkan. Begitu juga dengan Stones dan Ruben Dias akan dapat kembali dimainkan.

Sedangkan dari sisi AstonVilla memang belum dapat diprediksi siapa saja yang dapat dan tidak dapat diturunkan akibat pandemi covid-19. Sepuluh pemain tim utama dinyatakan positif, tetapi siapa para pemain itu dan seberapa parah pengaruhnya terhadap tim masih belum jelas.

Trezeguet menjadi satu satunya yang terkonfirmasi untuk tidak diturunkan, begitu juga Wesley yang masih mengalami cedera panjang. Namun dengan masa istirahat ini Ross Barkley diperkirakan sudah dapat kembali dari cedera pahanya.

Fans Aston Villa sendiri tentu berharap di laga nanti Jack Grealish sudah dapat bermain. Grealish sejauh ini telah mencetak 12 gol dari 15 lagai liga premier di musim ini. (Goal/Skysports/OL-8)

 

Baca Juga

AFP

Alisson dan Fabinho Siap Kembali Lawan Chelsea

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 04 Maret 2021, 00:32 WIB
Liverpool mendapat suntikan positif menyusul konfirmasi sang manajer Juergen Klopp bahwa Alisson Becker dan Fabinho siap kembali masuk...
DOK MI

Uji Coba Timnas dengan Bali United Batal

👤Widhoroso 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:53 WIB
Bali United batal uji coba dengan...
AFP

Laga Tunda Juventus-Napoli Digelar 18 Maret 2021

👤Widhoroso 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:42 WIB
Serie A Italia mengumumkan laga tunda Juventus kontra Napoli akan digelar pada 18 Maret 2021...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya