Selasa 17 Januari 2023, 16:09 WIB

Perkembangan Bisnis Perlu Didukung Literasi Hukum Melalui Platform Digital

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Perkembangan Bisnis Perlu Didukung Literasi Hukum Melalui Platform Digital

Ist/Ilustrasi
Kini literasi hukum bisa diakses melalalui platform digital.

 

DARI berbagai negara di kawasan Asia Pasifik, Indonesia dikenal sebagai negara dengan yurisdiksi hukum yang paling kompleks.

Itulah mengapa pelaku usaha yang beroperasi di Indonesia perlu benar-benar memahami lanskap hukum dan harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap setiap perubahan peraturan dan kebijakan.

Hukumonline melihat hal ini sebagai sebuah peluang. Berdiri sejak 2000 dengan tujuan untuk membantu praktisi hukum dan bisnis agar lebih mudah dalam mengakses dan memahami informasi terkait hukum.

Hukumonline telah menjadi pelopor platform regulasi berbasis teknologi (reg-tech) di Indonesia.

“Salah satu tujuan yang mendorong lahirnya Hukumonline adalah agar informasi seputar hukum dapat lebih mudah diakses dan dipahami oleh masyarakat luas," ujar Arkka Dhiratara, CEO Hukumonline dalam keterangan pers, Selasa (17/1),

"Kami percaya bahwa hukum diciptakan dan berlaku untuk semua kalangan, dan salah satu upaya kami untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap hukum adalah dengan menyediakan kemudahan akses informasi serta konten terkait hukum dan regulasi melalui platform kami,” ujar Arkka.

Baca juga: LAW-GO Mudahkan Masyarakat Dapat Pembelaan Hukum

Mengawali bisnisnya sebagai platform yang menyediakan konten terkait hukum dan regulasi, kini Hukumonline telah berkembang menjadi lebih dari sekadar platform edukasi hukum.

Hukumonline juga menyediakan layanan konsultasi dan pelatihan hukum, serta solusi dan sistem kepatuhan regulasi berbasis teknolog.

Tren di industri reg-tech

Di sepanjang 2022 saja, pemerintah telah melakukan sejumlah perubahan dan pembaruan regulasi yang berdampak bagi masyarakat maupun bisnis.

"Hal ini mendorong para pemain di industri reg-tech untuk selalu mengikuti perkembangan situasi dan kebutuhan pasar, serta memberikan analisis hukum dan informasi tentang pembaruan regulasi guna mendukung bisnis dan membantu masyarakat agar selalu terinformasi," ujar Arkka.

Organisasi dan bisnis didorong untuk menjadi lebih gesit dan mudah beradaptasi dengan perubahan regulasi karena hal itu akan memengaruhi operasional dan kebutuhan pelanggan mereka.

Perusahaan membutuhkan referensi terbaik untuk membantu mereka dalam mengambil keputusan yang tepat sambil senantiasa menjaga bisnisnya tetap patuh terhadap hukum ataupun perubahan regulasi.

“Berdasarkan statistik di database hukum kami, setidaknya ada lebih dari 100.000 regulasi di Indonesia, dengan sekitar 3.000 peraturan baru ditambahkan setiap tahun," ujar Arkka.

"Bayangkan berapa banyak waktu dan energi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dan praktisi hukum untuk melakukan riset dan analisis hukum jika dibutuhkan," katanya.

"Hukumonline tak hanya ingin membantu masyarakat menjadi melek hukum, tapi juga ingin membantu perusahaan dan praktisi hukum menjadi lebih produktif dan bisa menjalankan pekerjaan mereka secara efektif," jelas Arkka.

Platform untuk memberdayakan praktisi hukum

Sejalan dengan misinya untuk membantu masyarakat memahami hukum, Hukumonline menyediakan konten terkait hukum bagi pengguna dan pelanggannya.

Seiring waktu, konten terkait hukum yang tersedia di platform mereka pun makin banyak dan beragam, termasuk di antaranya pembaruan regulasi, serta laporan dan analisis hukum.

“Kami menyediakan konten premium tidak hanya untuk perusahaan atau pelanggan bisnis saja, tetapi juga untuk firma hukum, pengacara, kementerian, biro hukum atau advokasi, institusi seperti LSM (lembaga swadaya masyarakat), serta universitas dan komunitas akademik,” jelas Arkka.

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya memahami dan patuh terhadap regulasi. Kesadaran tersebut meningkatkan kebutuhan mereka akan layanan dan informasi terkait hukum.

Kini ada lebih dari 1.300 pelanggan korporat yang berlangganan akses ke konten premium dan pusat data regulasi Hukumonline.

“Berdasarkan pengamatan kami, sebagian besar pelanggan bisnis kami mengakses pusat data regulasi Hukumonline untuk mendapatkan analisis hukum, laporan, dan informasi terkait pembaruan regulasi," terangnya.

"Kami bersyukur dapat membantu para praktisi hukum dan perusahaan menemukan informasi dan melakukan riset hukum dengan mudah melalui platform kami sebagai referensi hukum tepercaya mereka," ujar Arkka.

Ia mengakui bahwa menjaga kualitas informasi hukum dan selalu tanggap dalam mencari solusi bagi kebutuhan bisnis dari segi hukum dan regulasi menjadi kunci pertumbuhan perusahaan mereka.

“Sebagai perusahaan reg-tech terkemuka di Indonesia, kami fokus dalam memberikan pengalaman terbaik dan kemudahan bagi pelanggan, serta menyediakan solusi hukum yang menyeluruh melalui platform Hukumonline,” tegas Arkka. Upaya mereka membuahkan hasil.

Di penghujung tahun 2022, Hukumonline mendapatkan dua penghargaan dari Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan diakui sebagai perusahaan dengan pertumbuhan bisnis terbaik dan manajemen terbaik. (RO/OL-09)

Baca Juga

DOK MI

Erick Thohir: NU Telah Melintasi Berbagai Zaman dan Generasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 12:13 WIB
Ketua Panitia Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) Erick Thohir menyebut NU sebagai organisasi Islam terbesar yang telah berdiri...
Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Hadiri Sidang Gugatan Class Action Kasus Gagal Ginjal, Keluarga Pakai Kaos 'Kukira Obat Ternyata Racun'

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:57 WIB
Keluarga korban tersebut beberapa di antaranya merupakan orangtua yang anaknya meninggal akibat sakit gagal ginjal akut. Terdapat 21 dari...
Ist

Pengamat: Memiliki Sifat Egaliter, Erick Diterima Seluruh Lapisan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 10:00 WIB
Dengan sifat yang egaliter yang tidak membeda-bedakan suku ras dan agama, menurut Sukri, membuat Erick sangat mudah diterima oleh seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya