Jumat 13 Januari 2023, 22:50 WIB

PPATK Bekukan Rekening Milik Anton Gobay

Khoerun Nadif Rahmat | Politik dan Hukum
PPATK Bekukan Rekening Milik Anton Gobay

DOK MI
Ilustrasi

 

PUSAT Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah membekukan rekening Anton Gobay, WNI yang tertangkap di Filipina atas kepemilikan senjata api. Hal itu dikatakan Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi, Jumat (13/1).

Akan tetapi, Ivan masih belum dapat merinci lebih jauh soal berapa jumlah rekening milik Anton yang dibekukan oleh pihaknya. Ivan menjelaskan, berdasarkan hasil analisa yang dilakukan oleh pihaknya tercatat terdapat transaksi yang telah dilakukan oleh Anton. "Ada, debet kredit. Kami analisis semua," sebut Ivan.

Lebih lanjut, Ivan mengatakan saat ini pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait dengan penanganan kasus tersebut. "Koordinasi dengan pihak terkait," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Polri menyebut Anton Gobay akan menyalurkan senjata api untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. "Anton Gobay merasa sebagai putra Papua dan ingin mendukung perjuangan rakyat Papua untuk merdeka," kata  Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/1).

Dedi juga mengatakan, dari hasil pemeriksaan Anton mengaku pernah mengikuti acara pertemuan di Papua Nugini yang membahas soal pergerakan Papua Barat. "Ia mengakui pernah mengikuti acara pertemuan di Papua Nugini untuk membahas pergerakan Papua Barat. Ia juga menyampaikan dirinya sebagai salah satu pendiri gerakan Komunal untuk wilayah Vanimo di Papua Nugini," sebut Dedi.

Ia juga mengatakan bahwa Anton merupakan simpatisan dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) namun mengaku tidak memilik keterkaitan dengan organisasi tersebut. "Anton Gobay menyampaikan bahwa dirinya hanya seorang simpatisan yang mendukung Organisasi Papua Merdeka. Namun ia menegaskan bahwa dirinya hanya seorang simpatisan yang tidak mempedulikan posisi atau jabatan terhadap organisasi tersebut," papar Dedi.

Anton Gobay ditangkap kepolisian Filipina bersama 2 warga negara Filipina atas kepemilikan senjata. Pihak Kepolisian Filipina juga mengamankan barang bukti diantaranya 10 unit Colt AR-15, sebuah Para Riffle 9mm, 20 buah magasin, dan sepuluh senjata yang belum dirakit. (OL-15)

Baca Juga

MI/Moh Irfan.

Istana Benarkan Jokowi Bertemu Surya Paloh

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:52 WIB
Kabar pertemuan itu juga dikonfirmasi oleh beberapa petinggi partai NasDem, salah satunya Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad...
MI/Moh Irfan.

Demokrat Legawa Anies Baswedan Pilih Sendiri Bakal Calon Wakil Presiden

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:24 WIB
Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dipersilakan memilih calon pendamping...
ANTARA FOTO/Fauzan

JPU Nilai Pledoi Ricky Rizal tak Berdasarkan Hukum

👤Irfan Julyusman 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:23 WIB
Jaksa meminta majelis menolak pembelaan yang dikemukakan oleh Ricky Rizal dan menjatuhkan putusan sebagaimana yang telah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya