Selasa 10 Januari 2023, 16:31 WIB

Ketua KPK Ungkap Kronologi Penangkapan dan Evakuasi Lukas Enembe

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Ketua KPK Ungkap Kronologi Penangkapan dan Evakuasi Lukas Enembe

DOK KPK.
Lukas Enembe di pesawat setelah ditangkap KPK.

 

PADA Selasa (10/1) pukul 12.27 WIT atau 10.27 WIB KPK melakukan penangkapan terhadap tersangka korupsi Lukas Enembe, Gubernur Papua. Berikut uraian singkat kronologi penangkapan Lukas Enembe sebagai tersangka tindak pidana korupsi. 

Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan bahwa pihaknya mendapatkan informasi Lukas Enembe akan ke Mamit Tolikara pada hari ini melalui Bandara Sentani. Bisa jadi ini cara Lukas Enembe akan meninggalkan Indonesia. 

"Mendapat informasi tersebut, kami menghubungi Wakapolda, Dansat Brimob, dan Kabinda untuk membantu upaya penangkapan LE di Bandara Sentani karena yang bersangkutan akan keluar Jayapura dan upaya evakuasi tersangka ke Jakarta," ujar Firli dalam keterangan tertulis, Selasa (9/1). Pada pukul 12.27 WIT (sekira 10.27 WIB), lanjutnya, dilakukan tindakan tegas berupa upaya paksa oleh tim KPK beserta aparat penegak hukum di Papua yakni penangkapan terhadap Lukas Enembe di daerah Abepura, Papua.

Baca juga: KPK Tangkap Lukas Enembe

Selanjutnya Lukas Enembe dibawa ke Mako Brimob Papua untuk diamankan menunggu evakuasi ke Jakarta segera paling lambat pada pukul 15.00 WIT (sekitar 13.00 WIB) dengan menggunakan pesawat Trigana Air melalui Manado, Sulawesi Utara, untuk selanjutnya dibawa ke Jakarta. Saat ini Lukas Enembe dikawal Dansat Brimob dan Irwasda Polda Papua menuju Bandara Sentani untuk diberangkatkan ke Jakarta via Manado dengan pesawat Trigana Air.

Setelah Lukas Enembe tiba di Manado, pengamanan dilakukan oleh Polda Sulut. Terkait hal ini, Kapolda Sulut sudah dihubungi. Selanjutnya Lukas Enembe akan diterbangkan ke Jakarta. Setibanya di Jakarta, Lukas Enembe akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD didampingi oleh tim KPK. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Ikadin Jakbar

Ikadin Jakbar Komit Pertahankan Wadah Tunggal Advokat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 23:29 WIB
Wacana multibar yang digaungkan sejumlah pihak adalah sebuah langkah mundur karena tidak ada satu pun di dunia ini menganut sistem...
Ist

IKA Menwa Seroja Timor Timur Gelar Munas dan Silaturahmi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:58 WIB
Dalam kegiatan Silatnas tersebut Ika Menwa Seroja Timor Timur juga menyelenggarakan Sarasehan dengan judul “Peran IKA Menwa Seroja...
ANTARA

Soal Cawapres, Pilihan PPP Mengerucut Pada Sosok Erick Thohir

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:53 WIB
PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) sampai saat ini PPP masih dalam tahap penyaringan nama-nama yang akan diusung sebagai capres dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya