Kamis 08 Desember 2022, 07:05 WIB

Putusan Terdakwa HAM Berat Paniai Dibacakan Hari Ini

 Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Putusan Terdakwa HAM Berat Paniai Dibacakan Hari Ini

MI/Lina Herlina
Suasana sidang dengan terdakwa Mayor Inf (Purn) Isak Sattu pada kasus pelanggaran HAM berat Paniai 2014, Papua, di PN Makassar, beberapa wak

 

MAJELIS hakim Pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) pada Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Makassar akan membacakan putusan terhadap Mayor Inf (Purn) Isak Sattu pagi ini, Kamis (8/12). Isak merupakan terdakwa tunggal dalam perkara pelanggaran HAM berat pada Peristiwa Paniai 2014.

"Agenda pembacaan putusan pukul 10.00 (WITA) sampai dengan selesai," demikian informasi yang dilansir dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Makassar.

Agenda pembacaan putusan itu digelar di Ruang Prof Dr Bagir Manan SH MCL. Seperti diketahui, sidang Paniai telah dimulai sejak Rabu (21/9) lalu dengan pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Pada Senin (14/11), JPU membacakan tuntutan terhadap Isak, yaitu pidana 10 tahun penjara. Menurut JPU, mantan Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1705/Paniai itu terbukti secara hukum melakukan tindak pidana pelanggaran HAM berat terhadap kemanusiaan.

Baca Juga: Negara Belum Serius Tuntaskan HAM Berat Lewat Sidang Paniai

Perbuatan yang menyebabkan empat warga sipil meninggal dunia dan 10 lainnya luka-luka pada 7-8 Desember 2014 itu dinilai JPU memenuhi ketentuan Pasal 42 Ayat (1) huruf a dan huruf b jo Pasal 7 Huruf b, Pasal 9 huruf a, Pasal 37 serta Pasal 42 Ayat (1) huruf a dan huruf b jo Pasal 7 Huruf b, Pasal 9 huruf , Pasal 40 Undang-Undang Nomor 26/2000 tentang Pengadilan HAM.

Putusan terhadap Isak akan dibacakan oleh majelis hakim yang dipimpin Sutisna Sawati bersama Abdul Rahman Karim, Siti Noor Laila, Robert Pasaribu, dan Sofi Rahma Dewi selaku hakim anggota. (OL-13)

Baca Juga: Keluarga Korban HAM Berat Paniai Kirim Surat ke PBB

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rivan Awal L

Jaksa Tolak Pledoi Hendra Lantaran Hanya Berisi Perjalanan Hidup dan Karir

👤Khoerun Nadif R 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:32 WIB
, Jaksa pun mengambil sikap untuk tidak menanggapi nota pembelaan oleh pihak Hendra lantaran  tidak masuk dengan perkara obstruction...
dok.mi

Pakar Hukum: Sah-sah Saja Jaksa Tuntut Eliezeer 12 Tahun

👤Selamat Saragih 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:27 WIB
PAKAR hukum pidana, Prof Hibnu Nugroho, mengatakan, sah-sah saja jika ada pandangan lain soal "justice collaborator" dari JPU...
AFP

Presiden: Tidak hanya Bebas, Pers juga Harus Bertanggung Jawab

👤Abdhika Prasetyo 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:15 WIB
Presiden Joko Wododo mengamanatkan Dewan Pers untuk menyosialisasikan kepada seluruh media di Indonesia akan pentingnya kerja jurnalistik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya