Kamis 27 Oktober 2022, 16:05 WIB

Merasa Prihatin, Sejumlah Purnawirawan Sambangi Mabes Polri

Irfan Julyusman | Politik dan Hukum
Merasa Prihatin, Sejumlah Purnawirawan Sambangi Mabes Polri

Antara
Sejumlah personel kepolisian mengikuti apel gelar pasukan.

 

SEJUMLAH mantan Kapolri mendatangi Mabes Polri di Jakarta pada Kamis (27/10) ini. Terpantau jajaran mantan Kapolri yang hadir mencakup Jenderal (Purn) Timur Pradopo, Jenderal (Purn) Dai Bachtiar dan Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri.

Selain mereka, hadir juga Jenderal (Purn) Roesmanhadi, Jenderal (Purn) Chairuddin Ismail, Jenderal (Purn) Badrodin Haiti, hingga Jenderal (Purn) Soetanto.

Jenderal (Purn) Dai Bachtiar menjelaskan bahwa kehadiran sejumlah mantan Kapolri bertujuan memberikan masukan kepada jajaran anggota Polri. Khususnya, terhadap peristiwa akhir-akhir ini yang melibatkan institusi Polri. 

Baca juga: Hakim Tolak Keberatan Ferdy Sambo, Sidang Lanjut ke Pembuktian

Mereka pun ingin memberikan semangat bagi jajaran anggota Polri yang saat ini menjabat. "Memang ada sesuatu yang kita ingin berikan masukan. Terutama, pada peristiwa yang akhir-akhir ini terjadi. Kami memberikan dorongan semangat bagi mereka untuk berpikir rasional," ujar Dai.

Sejumlah mantan petinggi Polri turut prihatin atas kondisi yang dihadapi institusi tersebut. Termasuk, kasus pembunuhan berencana Brigadir J yang dilakukan Irjen Ferdy Sambo dan sejumlah anggota polisi lainnya. Serta, kasus jaringan narkoba yang menjerat petinggi kepolisian.

Menurut Dai, pertemuan antara purnawirawan Polri dengan pejabat Polri merupakan hal yang biasa dan rutin dilakukan. Kedatangan mereka seperti senior yang sedang mengunjungi anggota yang menjabat.

Baca juga: Presiden Jokowi Singgung Masalah Gaya Hidup Polri

"Memang pertemuan antara purnawirawan dan pejabat Polri, yang katakanlah senior-senior mereka yang sedang menjabat, itu adalah hal biasa," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta jajaran Polri untuk membenahi sejumlah persoalan yang menyedot perhatian publik. Dalam agenda tersebut, Presiden bertemu dengan jajaran pejabat Mabes Polri, polda, hingga polres se-Indonesia.

“Rasa aman dan nyaman masyarakat itu menjadi berkurang. Karena, Polri adalah pengayom masyarakat. Hal-hal kecil, tolong betul-betul dilayani. Masyarakat kehilangan sesuatu, harus direspons cepat, sehingga rasa aman itu menjadi ada,” pesan Kepala Negara.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Yasonna: Malu Kita Masih Memakai Hukum Belanda

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Senin 05 Desember 2022, 21:03 WIB
Yasonna menyampaikan pengesahan revisi KUHP dinilai sesuatu hal yang sangat urgent. Sebab, dianggap sebagai suatu kebanggaan bagi...
Ist

Ketua DPD Serap Aspirasi GMPG terkait Pemilu 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:55 WIB
Ketua DPD akan menyampaikan hal tersebut kepada pemerintah. Karena, amanat Presiden di KPU jelas mengatakan bahwa proses pemilu harus...
Dok.MI

Komnas HAM Soroti RKUHP yang Masih Masukkan Hukuman Mati

👤Mediaindonesia 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:48 WIB
Hal tersebut dinilai Komnas HAM bertentangan dengan Pasal 28 (A) UUD 1945, Pasal 9 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1999 tentang Hak Asasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya