Rabu 26 Oktober 2022, 08:25 WIB

Perempuan yang Berusaha Terobos Istana Sembari Bawa Pistol Dipastikan Pendukung HTI

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Perempuan yang Berusaha Terobos Istana Sembari Bawa Pistol Dipastikan Pendukung HTI

Ist
Polisi menahan perempuan yang berusaha menerobos ke Istana Negara dengan membawa pistol.

 

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menelusuri rekam jejak perempuan yang membawa pistol dan menerobos Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Perempuan yang bernama Siti Elina itu disebut pendukung Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Dalam penelusuran sementara, profil pelaku Siti Elina, memang memiliki pemahaman yang radikal serta pendukung salah satu ormas radikal HTI, yang telah dibubarkan pemerintah. Ia juga diketahui sering mengunggah propaganda khilafah melalui akun media sosialnya," kata Direktur Pencegahan BNPT Ahmad Nurwakhid saat dikonfirmasi, Rabu (26/10).

Nurwakhid mengatakan, saat ini, BNPT tengah berkoordinasi dengan aparat keamanan guna menghimpun data terkait dugaan keterkaitan dengan jaringan terorisme.

Baca juga: Perempuan Bawa Pistol di Depan Istana, Ini Penjelasan BNPT

"Kami, BNPT, sesuai tugas pokok dan fungsinya, sedang melakukan koordinasi intensif dengan aparat penegak hukum untuk memastikan apakah pelaku bagian dari jaringan terorisme atau pelaku tunggal (lone wolf)," ujar jenderal polisi bintang satu itu.

Nurwakhid menyebut pihaknya juga tengah mendalami profil dan motif perempuan bercadar tersebut. Hal itu dilakukan guna mendapatkan informasi yang akurat adanya keterkaitan dengan pelaku terorisme lainnya.

Nurwakhid menuturkan kejadian teror yang melibatkan perempuan di Indonesia bukan peristiwa baru. 

Peristiwa itu, kata dia, mengingatkan pada ancaman bom di istana yang terlebih dahulu digagalkan oleh aparat penegak hukum pada 2016 silam.

"Salah satu calon pengantin yang ingin melakukan aksi di istana terlebih dahulu diamankan Densus 88 yang juga pelakunya adalah perempuan, Dian Yuli Novi dan ada juga Zazkia Aini yang melakukan penyerangan ke Mabes Polri pada 2021," tuturnya.

Dia menyebut BNPT telah mewaspadai tingkat kerentanan perempuan untuk direkrut dan dijadikan pengantin oleh kelompok teroris. 

Menurutnya, dalam jaringan teroris, perempuan tidak lagi menjadi aktor pendukung dan simpatisan, tetapi sudah diposisikan sebagai pelaku atau martir.

"Pemanfaatan perempuan dalam aksi terorisme memang tren baru khususnya yang dilakukan IS baik dilakukan dengan jaringan atau lone wolf yang tidak terikat komando dan jaringan," ungkapnya.

BNPT disebut terus berupaya meminimalisasi keterpaparan perempuan dalam jaringan dan aksi terorisme. Yakni dengan cara melibatkan perempuan sebagai agen perdamaian.

"Perempuan harus diberikan pencerahan karena sebagai salah satu sasaran potensial dari jaringan terorisme," kata dia.

Peristiwa penerobosan Istana Negara itu terjadi pada Selasa (25/20) pagi. Seorang perempuan bercadar membawa pistol jenis FN, tas hitam berisi kitab suci, dompet warna pink, dan ponsel. 

Saat ini, perempuan bergamis dan cadar hitam itu masih menjalani pemeriksaan intensif di Subdit Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum (Subdit Kamneg Ditrekrimum) Polda Metro Jaya. (OL-1)

Baca Juga

Ist

Advokat Triweka Rinanti Termotivasi Bela Masyarakat Kecil yang Hadapi Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:36 WIB
Kegelisahan yang tinggi dalam diri Triweka melihat ketidakadilan dan ketidakberdayaan masyarakat kecil ketika berhadapan dengan...
ANTARA

Punya Kedekatan Erat, Erick Thohir Paling Berpeluang Diusung PAN Maju Cawapres

👤Widhoroso 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:29 WIB
KEDEKATAN yang terbangun antara Menteri BUMN Erick Thohir dengan Partai Amanat Nasional (PAN) semakin mencuatkan dukungan untuk maju...
MI/Henri Siagian

Pemerintah Siapkan 47 Tower untuk Tampung 16.900 ASN di IKN

👤Mediaindonesia 🕔Senin 30 Januari 2023, 19:02 WIB
Menurut Basuki, apartemen tersebut rencananya dibangun pada Juni-Juli 2023 dan ditargetkan selesai pada Januari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya