Rabu 17 Agustus 2022, 13:54 WIB

Inilah Inspirasi Jokowi Kenakan Pakaian Dolomani

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Inilah Inspirasi Jokowi Kenakan Pakaian Dolomani

ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan baju adat Dolomani dari Buton

 

KEPALA Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkap alasan Presiden Joko Widodo mengenakan Dolomanik, pakaian adat Buton, Sulawesi Tenggara.

Busana tersebut, menurut kepala negara, memiliki nuansa yang membangkitkan semangat dan memberikan inspirasi.

"Tentu ini pilihan Bapak Presiden. Beliau merasa busana itu sesuai tema HUT ke-77 RI, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat', sehingga memberikan inspirasi yang positif," jelas Heru kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Rabu (17/8).

Pada Peringatan Detik-detik Proklamasi tahun ini, Jokowi juga memberi arahan kepada para pejabat negara dan seluruh masyarakat yang hadir untuk mengenakan pakaian adat. Tujuannya jelas untuk mempromosikan dan melestarikan kekayaan budaya Tanah Air kelada dunia.

"Idenya lamgsung dari beliau. Para pejabat harus melestarikan sambil merayakan hari bersejarah. Kita juga bisa mempromosikan, menyampaikan kepada dunia luar bahwa kita memiliki nilai historis yg tinggi, seni yang tinggi. Jangan sampai ini diabaikan dan dikopi negara lain," terang Budi.

Baca juga: Dari Sri Mulyani Hingga Prabowo Joget Bersama saat Ojo Dibandingke Melantun di Istana

Kepala negara memang kerap mengenakan baju adat dalam tiap perayaan HUT kemerdekaan RI. Pada perayaan HUT ke-72 RI pada 17 Agustus 2017 misalnya, ia mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Batulicin, Kalimantan Selatan.

Setahun setelahnya, Jokowi memilih pakaian adat Aceh untuk dikenakan. Selanjutnya pada HUT ke-74 RI tahun 2019, Presiden mengenakan baju adat Klungkung dari Bali.

Setelah itu, pada HUT ke-75 RI tahun 2020, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur, dengan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo. Adapun pada HUT ke-76 RI tahun 2021 lalu, Presiden memilih untuk mengenakan baju adat Pepadun dari Lampung.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal H

Lukas Enembe Diminta Serahkan Rekam Medis Resmi Soal Kesehatannya

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:45 WIB
"Alasan ketidakhadiran tersangka karena kesehatan tentu juga harus disertai dokumen resmi dari tenaga medis supaya kami dapat analisis...
MI/Heri Susetyo

Paska Andika Perkasa, Panglima TNI dari AL, AU atau AD Lagi Ya?

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:20 WIB
PANGLIMA TNI, Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun sebagai prajurit TNI pada Desember 2022. Penggantinya dari matra AU, AL...
MI/Susanto

Kritik AHY ke Jokowi Soal Infrastruktur Dinilai Sebagai Langkah Bunuh Diri

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:12 WIB
“Infrastruktur itu backbone politik Jokowi. Kepuasaan publik di bidang infrastruktur memuaskan. Wajah politik Jokowi itu wajah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya