Rabu 15 Juni 2022, 09:27 WIB

Polri Usut Pengedit Stupa Candi Borobudur Mirip Presiden Jokowi

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Polri Usut Pengedit Stupa Candi Borobudur Mirip Presiden Jokowi

Tangkapan layar Twitter
Unggahan di akun Twitter @KRMTRoySuryo2 yang menampilkan gambar stupa Candi Borobudur yang dibuat mirip Presiden Joko WIdodo.

 

SEBUAH foto viral, yang menunjukkan stupa Candi Borobudur diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat Polri langsung turun tangan mengusut sosok pengedit foto tersebut.

"Sedang didalami dan profiling oleh siber," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Rabu (15/6).

Dedi mengimbau masyarakat bijak dalam bermedia sosial. Kemudian, menghormati hak-hak orang lain dan menjaga toleransi dan persatuan, serta kesatuan.

Baca juga: Pemerintah Resmi Batalkan Kenaikan Tiket Borobudur

"Karena jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum sebagaimana diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik)," ungkap jenderal bintang dua itu.

Sebelumnya, Anggota DPR Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan, yang juga merupakan umat Buddha menyoroti viralnya foto stupa Candi Borobudur diedit mirip wajah Presiden Jokowi. Daniel menilai hal itu menghina simbol agama.

"Harus ditindak dan proses hukum karena telah menghina simbol agama yaitu Rupang Buddha, entah itu editan dari siapa," kata Daniel, Selasa (14/6).

Daniel mendorong Tim Siber Polri melacak pembuat foto editan stupa itu. Daniel menekankan Rupang Buddha itu sakral dan disucikan umat Buddha.

"Tinggal Tim Siber Polri harus memastikan dan melacak pelaku pengedit. Tentu sangat tidak etis mempublikasi hal tersebut karena Rupang Buddha adalah sakral dan disucikan umat," tegas Wasekjen PKB itu.

Foto itu viral di media sosial Twitter. Tampak dalam foto stupa Candi Borobudur mirip wajah kepala negara sambil memejamkan mata. 

Unggahan itu ditambah dengan keterangan "Si stupa Candi Borobudur ada patung dewa anyar".

Selain itu, ada pula unggahan patung Candi Borobudur lainnya. Dalam unggahan itu diberi keterangan 'pantas saja tiketnya mahal, ternyata opung sudah buat patung "I Gede Utange Jokowi" untuk tambahan dana bangun IKN'.

Kedua foto itu diunggah oleh akun Twitter @KRMTRoySuryo2 yang diduga merupakan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo. 

Dalam unggahan itu dia menuliskan narasi "mumpung akhir pekan, ringan2saja Twit-nya. Sejalan dengan protes rencana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50 rb) ke 750 rb yg (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, banyak kreativitas netizen mengunah salah satu stupa terbuka yang ikonik di Borobudur itu, LUCU, he 3x ambyar". (OL-1)

Baca Juga

Antara

LPSK Kabulkan Pengajuan Bharada E Jadi Justice Collaborator

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 19:09 WIB
Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan pengajuan sebagai justice collaborator tersebut dikabulkan pada Jumat (12/8)...
MI/Susanto

Sepuluh Parpol Belum Lengkapi Berkas

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 18:56 WIB
KPU memberikan kesempat partai tersebut melengkapi berkas hingga akhir pendaftaran pada pukul 23.59 WIB, Minggu, 14 Agustus...
Dok.MI

Buronan KPK dan Kejaksaan Agung Surya Darmadi Akan ke Indonesia

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 18:35 WIB
Juniver mengeklaim Darmadi merupakan pembayar pajak yang patuh dan membuka lapangan kerja untuk puluhan ribu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya