Senin 30 Mei 2022, 13:27 WIB

Pengamat : Arus Bawah Dukung Puan Jadi Capres 2024

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Pengamat : Arus Bawah Dukung Puan Jadi Capres 2024

MI/Susanto
Ketua DPR RI Puan Maharani mendapat dukungan menjadi capres dari arus bawh PDIP.

 

DORONGAN agar Puan Maharani ditetapkan menjadi calon presiden (capres) PDIP menguat di arus bawah internal partai. Hal ini dilihat sebagai simbol Puan yang dapat solidkan partai berlambang banteng tersebut.

Hal ini dikatakan pengamat komunikasi politik dari Universitas Pancasila, Gede Moenanto Soekowati. Dia menyebut arus bawah PDIP yang bergerak tunjukkan dukungan pada Puan sangat besar.

"Saya pandang Puan berhasil solidkan PDIP. Ini terbukti dengan kuatnya arus bawah partai yang ingin dia ditetapkan sesegera mungkin menjadi capres," ujar dia melalu pesan tertulis, Senen (30/5).

Gede menyebut bukan tanpa alasan Puan sangat didorong arus bawah untuk menjadi capres. Ini terkait dengan track record kepemimpinan Puan yang menurutnya mumpuni.

Baca juga: Puan Ingatkan Pentingnya Mitigasi Bencana, Utamanya di Wilayah Rawan Bencana

"Kepemimpinan Puan di DPR jadi bukti dirinya punya kapasitas yang handal. Belum lagi ditambah figur dia di PDIP yang berhasil menyatukan beragam faksi di sana," ujar Gede..

Itu semua, kata dia, jadi modal Puan sehingga figurnya sangat sentral di PDIP. Hal tersebut akhirnya membuat partai jadi solid karena Puan.

Ujung dari ini, tambah Gede, adalah dukungan arus bawah untuk Puan maju menjadi capres. Baginya semua logis dan masuk akal.

"Puan artinya punya modal besar untuk maju di 2024. Dia punya suara solid dari PDIP.  Dengan kata lain suara akar rumput PDIP akan bulat ke Puan," tegasnya.
Sebagai informasi, wacana untuk pencalonan Puan Maharani di Pilpres 2024 semakin bergeliat.

Ketua DPC PDIP Bojonegoro, Abidin Fikri, menyatakan suara arus bawah PDIP meminta segera Puan ditetapkan menjadi capres. 

Hal ini, kata dia, bukannya tanpa alasan. Abidin menyebut Puan miliki kapasitas pengalaman kepemimpinan yang tak perlu diragukan mulai dari anggota DPR hingga menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Selain itu, Puan juga dianggap sebagai pewaris nilai ideologi partai PDIP. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/ Moh Irfan

KPU Imbau Peserta Pemilu 2024 Tak Gunakan Dana Kampanye Ilegal

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 29 Januari 2023, 15:06 WIB
KPU mengimbau peserta Pemilu 2024 untuk tak gunakan dana kampanye ilegal. Komisioner KPU RI Idham Holik mengemukakan akan ada sanksi pidana...
dok.Ant

Tirta Lunggana Keluar Dari Kepengurusan DPW PPP DKI Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 14:24 WIB
KADER Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sekaligus Sekretaris DPW PPP DKI Jakarta Guruh Tirta Lunggana menyatakan telah mengundurkan diri...
dok.humas ppp

Harlah ke-50 PPP Cilegon Meriah, Mardiono Yakin PPP Bangkit

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 14:20 WIB
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono meyakini partainya akan bangkit di Pemilu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya