Kamis 28 April 2022, 11:16 WIB

Terganjal OTT Bupati Bogor, Kepala Perwakilan BPK Jabar Dinonaktifkan

M. Ilham Ramadhan Avisena | Politik dan Hukum
Terganjal OTT Bupati Bogor, Kepala Perwakilan BPK Jabar Dinonaktifkan

Ant/Indrianto Eko Suwarso
Ketua KPK Firli Bahur (kiri) menghadirkan tersangka Bupati Bogor Ade Yasin (tengah) saat konferensi pers penetapan dan penahanan tsk, Kamis

 

BADAN Pemeriksa Keuangan (BPK) mendukung penuh upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberangus praktik korupsi dari Indonesia. Demikian disampaikan Ketua BPK Isma Yatun melalui keterangannya, Kamis (28/4).

Pernyataannya itu berkenaan dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan lembaga antirasuah terhadap Bupati Bogor Ade Yasin dan melibatkan sejumlah pegawai BPK. "Kami sangat prihatin dengan kejadian terkini yang turut melibatkan pegawai BPK," ujar Isma.

"Ini menjadi pukulan berat bagi BPK sekaligus advance warning bagi institusi BPK RI bahwa langkah untuk memerangi korupsi dalam segala bentuknya membutuhkan ketangguhan dan dukungan semua pihak," tambahnya.

Isma menjelaskan, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat beserta staf pemeriksa untuk kasus terkait telah dinonaktifkan. BPK juga akan memproses seluruh pegawai yang diduga terlibat sesuai ketentuan yang berlaku melalui Majelis Kehormatan Kode Etik (MKKE) BPK.

MKKE merupakan suatu mekanisme untuk menegakkan kode etik BPK sebagai upaya BPK bebas dan mandiri sesuai amanat UUD 1945.

BPK dan KPK, lanjut Isma, akan selalu bersinergi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan lebih akuntabel dengan bersama menjadi garda terdepan dalam combating corruption di Indonesia.

Karenanya, BPK mendukung upaya penegakan integritas, independensi, dan profesionalisme, dan kami telah berkoordinasi dengan KPK terkait peristiwa ini yang dapat menjadi deterrent effect yang melanggar.

"Sejatinya, kami selalu berkomitmen menegakkan nilai dasar BPK yaitu integritas, independensi, dan profesionalisme dalam setiap pelaksanaan tugas BPK. Nilai tersebut menjadi landasan institusi BPK dan dilaksanakan oleh setiap individu BPK," kata Isma. (OL-13)

Baca Juga: Sebanyak 10 Wirausaha Sosial Terpilih untuk Program I-SEA

Baca Juga

dok.ist

Stafsus Wapres Minta Kasus Titan jadi Perhatian Serius Penegak Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:20 WIB
KASUS penyalahgunaan kredit PT Titan Infra Energy di Bank Mandiri serta sindikasi bank lainnya harus menjadi perhatian serius Aparat...
Dok.MI

Sekjen Gerindra: Ucapan Terima Kasih di Politik Mulai Hilang

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:08 WIB
Dia mengatakan, dalam tradisi politik Indonesia, terimakasih adalah suatu yang langka dan jarang dijumpai sehingga menjadi suatu hal yang...
ADEK BERRY / AFP

Pengunjung Mulai Padati JIS, Hadiri Malam Puncak HUT Jakarta

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 19:10 WIB
Masyarakat mulai mendatangi Jakarta International Stadium (JIS) untuk merayakan malam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya