Rabu 02 Maret 2022, 10:12 WIB

Jelang Bebas, Angelina Sondakh Dapat Cuti

Basuki Eka Purnama | Politik dan Hukum
Jelang Bebas, Angelina Sondakh Dapat Cuti

MI/MOHAMAD IRFAN
Mantan anggota DPR dari Fraksi Demokrat Angelina Sondakh (tengah).

 

KABAG Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Rika Aprianti mengatakan mantan anggota DPR RI Angelina Patricia Pinkan Sondakh akan menjalani cuti menjelang bebas.

"Tanggal bebas awal Angelina Sondakh 27 April 2022 apabila denda dan uang pengganti dibayar lunas," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (2/3).

Angelina Sondakh merupakan warga binaan kasus korupsi Lapas Perempuan Jakarta. Mantan anggota DPR RI tersebut mulai menjalankan pidana terhitung 27 April 2012.

Baca juga: Dirut Dipanggil KPK, Ini Klarifikasi Hutama Karya

Ia mengatakan Angline Sondakh dinilai telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif untuk diberikan program cuti menjelang bebas sebesar remisi terakhir paling lama tiga bulan yang jatuh pada Oktober 2021.

Namun, karena yang bersangkutan tidak membayar lunas sisa uang pengganti sebesar Rp4,5 miliar subsider empat bulan lima hari penjara, maka waktu cuti menjelang bebas jatuh pada Maret 2022.

Selama menjalani pidana, Angelina Sondakh mendapatkan remisi dasawarsa sebanyak tiga bulan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI tentang Pemberian Remisi Dasawarsa Tahun 2015 yang diberikan kepada seluruh narapidana.

"Selama menjalani cuti menjelang bebas, Angelina Sondakh wajib mengikuti bimbingan yang dilakukan oleh Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan," tutur dia.

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan putusan Mahkamah Agung RI Nomor 107PK/Pid.Sus/2015, Angelina Sondakh dijatuhi hukuman pidana penjara selama 10 tahun denda Rp500 juta, subsider enam bulan kurungan (sudah dibayar).

Kemudian, ia diharuskan membayar uang pengganti senilai Rp2,5 miliar serta US$1,2 juta subsider satu tahun penjara dan telah dibayar Rp8,8 miliar. Sisanya, Rp4,5 miliar dan subsider empat bulan lima hari diganti dengan menjalankan pidana (Ant/OL-1)

Baca Juga

MI/Dero Iqbal Mahendra

Bawaslu Yakini Pentingnya Optimalisasi Peran Perempuan untuk Pemilu 2024

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Selasa 28 Juni 2022, 09:41 WIB
Mengingat hal ini sudah tertuang dalam Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang mengatur adanya keterwakilan perempuan 30%...
MI/Dok Kemenkominfo

Kominfo Minta 2.569 PSE Lingkup Privat Daftar Ulang 

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 08:49 WIB
“Apabila PSE tidak melakukan pendaftaran sampai dengan batas akhir, 20 Juli 2022, PSE yang tidak terdaftar tersebut merupakan PSE...
MI/HO

Anggota DPR Tegaskan Pancasila Menjaga Kebebasan Tanpa Mengorbankan Pihak Lain 

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 08:30 WIB
“Sila pertama bila menjadi pondasi, apapun agamanya bisa membuat umat saling menghargai, menghormati dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya