Kamis 27 Januari 2022, 15:20 WIB

Mahfud MD: Pemerintah Lindungi Pembela dan Aktivis HAM

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Mahfud MD: Pemerintah Lindungi Pembela dan Aktivis HAM

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Menko Polhukam Mahfud MD (tengah) menyampaikan keterangan pers.

 

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjamin pemerintah melindungi para pembela hak asasi manusia (HAM). Mahfud menyatakan perlindungan kepada pembela HAM menjadi bagian pemajuan HAM.

"Tentu kita akan memberikan perlindungan dan mendorong para pembela HAM ini untuk berjuang menegakan HAM. Kalau perlu juga memberikan fasilitas-fasilitas. Saya Menko Polhukam bekerja sama dengan kelompok-kelompok masyarakat sipil mendorong pemajuan-pemajuan itu," kata Mahfud dalam webinar bertajuk Memperkuat Komitmen Negara Mewujudkan Perlindungan pada Pembela HAM yang digelar Kemitraan Indonesia, Kamis (27/1).

Meski begitu, Mahfud memberikan catatan kepada para pembela HAM harus profesional dan sesuai koridor hukum. Mahfud menyatakan kerja-kerja pembela HAM dilindungi sepenuhnya karena itu menjadi hak, kewajiban, dan tugas luhur.

Hanya saja, Mahfud meminta agar jangan ada asal tuduh terkait dugaan pelanggaran HAM. Mendorong suatu kasus agar dibawa ke pengadilan HAM, ujarnya, harus berdasarkan bukti.

"Kalau menyatakan orang melakukan sesuatu, apakah itu pejabat atau rakyat, berlakukan dalil. Jika Anda mendalilkan, Anda harus membuktikan. Jangan lempar batu sembunyi tangan," kata Mahfud.

Mahfud menyatakan tindakan asal tuduh tanpa didasarkan bukti yang kuat tidak sesuai prinsip proporsionalitas dan profesionalitas. Ia pun mengajak para pembela HAM bekerja sesuai hukum.

"Menuduh orang melakukan pelanggaran HAM atau menuduh orang korupsi tapi diminta membuktikan yang dituduh. Itu tidak sesuai dengan hukum. Itu bukan pembela HAM. Kalau pembela HAM, mari proporsional dan profesional," ujarnya. (Dhk/OL-09)

Baca Juga

MI/ HO

PSI Minta Revisi Peraturan BP2MI Nomor 1 Tahun 2020 Segera Diteken Presiden

👤Mediainsonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 18:10 WIB
"Persetujuan tertulis keluarga untuk renew atau transfer berpotensi pungli di daerah asal PMI, pemalsuan data, kerumitan...
Dok. MI

Densus 88 Tangkap 22 Warga Sulteng Diduga Simpatisan MIT

👤M. Taufan SP Bustan 🕔Senin 16 Mei 2022, 17:48 WIB
Informasi yang dihimpun Media Indonesia menyebutkan, penangkapan itu dilakukan Densus pada Sabtu 14 Mei 2022 di beberapa wilayah Poso...
Dok MI

Minta RDP dengan DPR Disegerakan, KPU: Butuh Proses Harmonisasi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 16 Mei 2022, 17:28 WIB
Terkait adanya permintaan dari DPR RI pada pemerintah dan penyelenggara pemilu untuk segera menyusun kodifikasi hukum acara pemilu,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya