Senin 22 November 2021, 14:50 WIB

BPIP Serukan ASN Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
BPIP Serukan ASN Menjaga Persatuan dan Kesatuan

DOK BPIP.
Aris Heru Utomo.

 

SETIAP apel, pagi ataupun sore, ASN selalu diingatkan akan janji yang tercantum dalam Panca Prasetya Korpri untuk melaksanakan nilai-nilai kesetiaan, kehormatan, mendahulukan kepentingan negara, serta memelihara persatuan dan menegakkan keadilan dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari. Demikian disampaikan Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Aris Heru Utomo saat bertindak selaku Pembina apel pagi, Senin (22/11).

Aris mengingatkan bahwa pembacaan janji tersebut hendaklah bukan seperti frasa lidah tak bertulang yang memiliki arti mudah berjanji, tetapi sulit melaksanakannya. Ia juga mengingatkan bahwa dalam rangka HUT ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia atau Korpri yang jatuh pada 29 November mendatang, ASN hendaknya menjaga persatuan dan kesatuan. 

Menurut Aris, sesuai dengan tema HUT ke-50 Korpri yaitu ASN Bersatu, Korpri Tangguh, Indonesia Tumbuh,  apabila Korpri kompak dan tangguh maka Indonesia pun akan tumbuh maju. Bila 4,2 juta ASN bersatu akan menjadi kekuatan pemikiran dan tindakan yang dahsyat demi menjaga Negara Kesatuan RI.

Aris pun menambahkan bahwa khusus keberadaan ASN di BPIP, kebersatuan, kekompakan, dan ketangguhan yang dimilikinya akan dapat mendorong pemahaman dan pembumian nilai-nilai Pancasila di masyarakat. Untuk memperkuat pemahaman terhadap Pancasila di lingkungan ASN, Aris menyampaikan bahwa saat ini BPIP tengah melakukan penyelarasan dan penguatan aturan hukum Materi Pokok Pembinaan Ideologi Pancasila dan Materi Pembinaan Ideologi Pancasila bagi ASN dan Calon ASN. 

Berbekal materi pokok yang merupakan hasil kajian tersebut, diharapkan ASN memiliki standar pemahaman pembinaan ideologi Pancasila dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan bernegara dan berbangsa sesuai tugas dan fungsi pokok ASN yaitu sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan perekat pemersatu bangsa. Mengakhiri arahannya, Aris menyampaikan harapannya kepada ASN di BPIP agar semakin bijak dan cerdas dalam bertindak dan bergaul di masyarakat baik secara luring maupun daring. 

Baca juga: Aktivis Ragukan Keseriusan Jaksa Agung Selesaikan Kasus HAM Berat

"Jangan sampai ASN di BPIP terjebak offside seperti dalam permainan sepak bola, sehingga disemprit publik. Jaga jari dengan baik, saring sebelum sharing," pesan Aris. (RO/OL-14)

Baca Juga

Ist

Tangani Pembalakan Liar di Kalteng, Kombes Pol Kurniadi Raih Presisi Award

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 18:45 WIB
Kombes Pol Kurniadi dan timnya mendapatkan penghargaan tersebut karena berhasil menangani perkara pembalakan liar atau illegal logging di...
MI/Seno

TNI/Polri Aktif duduki Jabatan Sipil Jadi Ancaman Bagi Demokrasi

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:52 WIB
Lucius mengungkapkan penunjukan itu tidak sesuai dengan semangat dan amanat reformasi. Selain itu, juga melanggar...
MI/Susanto

KPU Sarankan Parpol Lakukan Pendaftaran Lebih Awal

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:06 WIB
Proses tahapan pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 direncanakan akan berlansung mulai 1 hingga 7 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya