Kamis 14 Oktober 2021, 16:16 WIB

Komisi III DPR Minta Polri Beri Hukuman Tegas untuk Aparat Arogan

 Putra Ananda | Politik dan Hukum
Komisi III DPR Minta Polri Beri Hukuman Tegas untuk Aparat Arogan

FOTO/Twitter/@AksiLangsung
Aksi polisi membanting mahasiswa yang berdemonstrasi di Tangerang viral di media sosial.

 

PUBLIK menantikan ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk menindak oknum kepolisian yang bertindak arogan saat melakukan pengamanan demonstran di Tangerang.

Anggota Komisi III dari Fraksi Partai NasDem Taufik Basari (Tobas) menegaskan Kapolri perlu melakukan penyelidikan terhadap potensi unsur pidana yang dilakukan oleh oknum polisi yang membanting mahasiswa ketika berdemo.

"Memberikan sanksi yang tidak hanya sanksi disiplin tetapi juga melakukan suatu penyelidikan untuk menilai apakah ada unsur pidana yang bisa dikaitkan dengan peristiwa tersebut," ungkap Tobas di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (14/10).

Menurut Tobas, tindakan kekerasan yang dilakukan oleh oknum polisi tersebut memberi dampak negatif terhadap penilaian masyarakat kepada instansi kepolisian. Jika kejadian ini tidak diusut tuntas, maka akan muncul persepsi yang menilai bahwa kultur kekerasan masih menjadi bagian dari Polri.

"Sementara sebenarnya Pak Kapolri sudah luar biasa dalam transformasi menuju presisi, sudah mencoba mendorong agar Polri lebih humanis," ungkapnya.

Tobas menjelaskan, Kapolri dalam berbagai kesempatan telah mendorong tentang pendekatan humanis. Sayangnya, dorongan Kapolri belum terwujud di beberapa jajarannya yang menjalankan tugasnya di lapangan.

"Oleh sebab itu supaya tidak menjadi ganjalan apa yang sedang dipersiapkan Kapolri maka tindakan tegas terhadap peristiwa ini harus dilakukan," ungkapnya. (Uta/OL-09)

Baca Juga

DOK DPR RI

Ketua DPR: Generasi Muda Jangan Berhenti Bicara Kebhinekaan-Persatuan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 11:07 WIB
Puan meminta semangat ber-Tanah Air, berbangsa dan berbahasa satu yaitu Indonesia, yang digelorakan para pemuda nusantara 93 tahun lalu,...
MI/Indriyani Astuti

Tim Seleksi Dengarkan Masukan Bawaslu

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 10:40 WIB
Bawaslu berharap calon penyelenggara pemilu bisa bertindak sebagai...
Antara

Tersangka Kasus Perindo Sempat Keliling Jakarta dan Berupaya Lari

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:58 WIB
IG sempat berkeliling di wilayah Jakarta sebelum akhirnya datang ke Gedung Bundar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya