Minggu 12 September 2021, 08:22 WIB

DPR Dorong PT RNI Pelopori Terwujudnya Ketahanan dan Kemandirian Pangan

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
DPR Dorong PT RNI Pelopori Terwujudnya Ketahanan dan Kemandirian Pangan

Ist/DPR
Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina.

 

ANGGOTA Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina mendorong PT. RNI sebagai holding pangan untuk menjadi pelopor mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan di Indonesia.

RNI diminta untuk merealisasikan produk dalam negeri dapat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat di Indonesia akan pangan. Dengan begitu, polemik importasi pangan yang selama ini selalu menjadi polemik bangsa dapat dihilangkan.

"Kerja sama yang harmonis antar korporasi milik negara. Dimana, lembaga yang bertanggung jawab pada pemenuhan pangan dan lembaga yang memiliki kemampuan dalam pembiayaan saling membantu akan semakin memudahkan  mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan,"  tutur Nevi dalam rilisnya, Sabtu (11/9).

Politikus PKS ini mengatakan, tahun 2021 masih ada terus importasi pangan baik tanaman pangan, tanaman hortikultra  maupun tanaman perkebunan. Termasuk importasi pangan produk peternakan maupun perikanan pun juga masih terus ada.

"Penugasan penguatan industri pangan dan peningkatan inklusivitas petani, peternak, nelayan dan UMKM kepada RNI di masa depan mesti dapat segera direalisasi dengan kekuatan anggaran yang ada," tukas Nevi.

Legislator dapil Sumatera Barat II ini menekankan agar riset dan pengembangan dapat terkonsolidasi dengan baik sehingga diharapkan dapat mendukung UMKM serta memastikan kestabilan di petani dan peternak.

"Keberadaan PT RNI sebagai lokomotif ketahanan pangan diharapkan mampu menstabilkan hulu-hilir.  Saya berharap  upaya nyata PT RNI mensejahterakan petani, peternak dan nelayan dapat menyelesaikan persoalan yang selama ini seringkali merugikan akibat adanya impor bahan pangan, harga yg anjlok saat panen raya, dan lain -lain," tutup Nevi Zuairina. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara/Syifa Yulinnas.

Komitmen Presiden terhadap Pemberantasan Korupsi Dipertanyakan

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 19 September 2021, 18:20 WIB
Ia mengatakan Presiden Jokowi merupakan pucuk pimpinan di negara ini termasuk mengawasi langsung kinerja...
Antara/Mohamad Hamzah

Ali Kalora Tewas, Pengamat : Berantas MIT Hingga Akarnya

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 19 September 2021, 18:07 WIB
Menurut dia, empat anggota MIT yang tersisa tidak memiliki pengaruh yang kuat dan lemah dalam kemampuan tempur. Maka diyakini keempatnya...
Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Presiden Dituntut Ambil Kendali Perkara 56 Pegawai KPK yang Dipecat

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 19 September 2021, 17:35 WIB
Pemecatan itu dinilai mengabaikan temuan Ombudsman dan Komnas HAM yang sebelumnya menyebut pelaksanaan TWK telah terjadi cacat administrasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya