Kamis 05 Agustus 2021, 07:27 WIB

PB HMI Bantah Instruksi Demo Jokowi

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
PB HMI Bantah Instruksi Demo Jokowi

Ilustrasi
Aksi Demonstrasi

 

KETUA Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Raihan Ariatama membantah telah mengeluarkan instruksi untuk menggelar demonstrasi menentang pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin yang gagal menangani pandemi covid-19.

Raihan menekankan, dalam situasi krisis seperti sekarang, HMI harus berperan aktif membantu pemerintah, bukan justru memicu kerumunan.

"Kami mengintruksikan Badan Koordinasi HMI dan HMI Cabang se-Indonesia untuk melakukan sosialisasi terkait pentingnya menerapkan testing, tracing, treatment dan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, danbmengurangi mobilitas sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19. Badko HMI dan HMI Cabang se-Indonesia harus membentuk relawan penanganan covid-19 untuk membantu masyarakat yang terdampak," ujar Raihan melalui keterangan resmi.

Dalam keterangan tersebut, ia juga meminta Badko HMI dan HMI Cabang se-Indonesia tetap menjaga soliditas di bawah kepemimpinan yang sah dan konstitusional Hasil Kongres HMI Ke-31 di Surabaya, Jawa Timur, pada 17- 25 Maret 2021.

Baca juga:  Menkopolhukam: Pemerintah tindak tegas Demonstrasi tidak Sesuai Prokes

"Yakni Kepemimpinan Raihan Ariatama dan M. Ichya Halimudin, masing-masing sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal PB HMI Periode 2021-2023," sambungnya.

Sebelumnya, Pengurus Besar HMI pimpinan Abdul Muis Amiruddin menginstruksikan kepada Ketua Umum Badko HMI se-Indonesia untuk menggelar aksi unjuk rasa menjelang dua tahun kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Seruan itu dituangkan dalam surat instruksi nomor 144/A/Sek/12/1443 tertanggal 2 Agustus 2021. Menurut mereka, Jokowi-Ma'ruf Amin yang dihadapkan pada krisis covid-19 gagal memenuhi hak masyarakat.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

Zulhas Sebut JK Lontarkan Autokritik soal Perekonomian Umat

👤Putra Ananda 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 16:10 WIB
Setiap pihak perlu menyikapi kritik yang disampaikan JK sebagai kritik yang...
MI/Susanto

Kejagung Amankan Tanah Rampasan Benny Tjokro terkait Korupsi Asabri

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 16:01 WIB
Menurut Elan, pihak kejaksaan kini telah memasang 36 tanda atau plang di sekitar tanah tersebut sebagai bentuk pengamanan serta informasi...
MI/SUPARDJI RASBAN

Parpol Ogah Buru-Buru Tetapkan Capres dan Koalisi

👤Putra Ananda 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 15:55 WIB
Hingga saat ini belum ada keputusan resmi dari Gerindra terkait majunya kembali Prabowo Subianto dalam kontestasi Pilpres...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya