Jumat 30 Juli 2021, 15:02 WIB

Politikus NasDem: Wakil Rakyat Jangan Bebani Rakyat hanya untuk Isolasi Mandiri

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Politikus NasDem: Wakil Rakyat Jangan Bebani Rakyat hanya untuk Isolasi Mandiri

MI/Susanto.
Irma Suryani Chaniago.

 

DI tengah rakyat menjerit akibat dampak pendemi, wakil rakyat di parlemen meminta ketersediaan kamar hotel untuk isolasi mandiri. Sejumlah pihak menolak permintaan anggota DPR itu. 

"Sebagai mantan wakil rakyat periode 2014-2019, saya patut ikut merasa malu mendengar permintaan tersebut. Apalagi anggaran yang akan dipakai dari kunjungan luar negeri. Setahu saya, fasilitas kesehatan anggota DPR sudah dijamin asuransi yang nilainya lebih dari cukup melalui Jasindo. Di samping itu juga di-backup dengan perumahan dinas yg memiliki empat kamar tidur dan satu kamar asisten rumah tangga. Masak untuk isoman saja masih minta dibayari rakyat?" ujar politikus Partai NasDem Irma Suryani Chaniago dalam keterangan pers, Jumat (30/7).  

Irma merasa bersyukur karena partai yang ikut ia dirikan, NasDem, menolak secara tegas permintaan memalukan ini. Menurutnya, wakil rakyat seharusnya membantu rakyat, bukan malah membebani rakyat.

Ia mempertanyakan tidak ada inisiatif anggota DPR agar anggaran kunjungan luar negeri yang tidak terpakai dibelikan masker yang berkualitas atau vitamin untuk dibagikan kepada rakyat. Hal tersebut dapat mereka lakukan minimal di daerah pemilihan masing-masing. Ini lebih baik ketimbang anggaran itu untuk keperluan isoman mereka. 

"Berapa sih dana menginap di hotel 14 hari? Paling besar Rp21 juta dengan tarif Rp1,5 juta per malam. Anggaran sekecil itu sangat tidak material bagi anggota DPR. Sekali kunjungan kerja, selesai anggaran segitu," tukas Irma. 

Para konglomerat yang selama ini hidup mewah dari negeri ini juga Irma soroti. Ia meminta mereka mencontoh Akidi Tio dari Sumatra Selatan. Nama Akidi Tio tidak tercantum dalam 100 orang terkaya di Indonesia tetapi punya keikhlasan menyumbang Rp2 triliun untuk membantu rakyat dan pemerintah dalam menangani covid-19. Ia lantas mempertanyak hati nurani para konglomerat yang masuk daftar 100 orang terkaya di Indonesia.  

"Ketua Umum NasDem Surya Paloh (SP) sejak pandemi sudah menyumbangkan hotel Sheraton Media untuk menampung para petugas tenaga kesehatan. SP menyediakan kurang lebih 150 kamar tiap hari berikut makan dan minum mereka," ungkap Irma. 

Baca juga: Mayoritas Anggota DPR Pilih Isoman di Rumah

Seharusnya para wakil rakyat dan konglomerat mencontoh yang dilakukan Surya Paloh dan mendiang Akidi Tio dalam memosisikan diri sebagai tokoh masyarakat yang berkecukupan. Ia harap kelompok berada itu jangan terus meminta dan mengambil dari negeri ini tetapi sekali-sekali berikan sumbangsih untuk negeri ini di saat rakyat sedang betul-betul membutuhkan. (OL-14)

Baca Juga

AFP

NU Berupaya Dorong Perdamaian di Afghanistan

👤Andhika Prasetyo 🕔Minggu 26 September 2021, 14:20 WIB
Salah satu langkah konkret yang dilakukan NU, yakni menggelar forum dan memberi masukan kepada pemerintah Afghanistan dan kelompok...
DOK PUSPEN TNI

Pengamat Menilai Anggota Komisi I DPR Gagal Paham Soal Bakamla

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 13:52 WIB
Untuk pertahanan sudah jelas ada TNI AL yang mengawal pertahanan dan kedaulatan NKRI di laut dan telah sesuai dengan UU No 5 tahun...
Dok.NasDem

Fraksi NasDem Bahas Revisi Perpres No. 33 Tahun 2020

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 26 September 2021, 13:38 WIB
Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi pengawasan DPRD terhadap pembangunan berkelanjutan di setiap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya