Sabtu 19 Juni 2021, 13:51 WIB

Tidak Mau Langgar UUD 45, Istana Tolak Ide Jokowi-Prabowo 2024

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Tidak Mau Langgar UUD 45, Istana Tolak Ide Jokowi-Prabowo 2024

MI/Ramdani.
Jokowi dan Prabowo.

 

STAF Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman menegaskan posisi Presiden Joko Widodo terkait wacana jabatan tiga periode. Presiden Jokowi menolaknya. Hal itu diungkapkannya menyusul pembentukan relawan yang mengusung Jokowi-Prabowo pada 2024.

"Presiden Joko Widodo tegak lurus terhadap konstitusi UUD 1945 dan setia terhadap Reformasi 1998. Sesuai Pasal 7 UUD 1945 amandemen ke-1 bahwa Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan," kata Fajdroel melalui pernyataan persnya, Sabtu (19/6).

Fadjroel menekankan Presiden Jokowi dengan tegas menolak wacana jabatan tiga periode. Jokowi pun sudah berkali-kali menyampaikan penolakan itu. Presiden menilai wacana itu hanya akan membuat kegaduhan di tengah fokus pemerintah menangani pandemi covid-19.

Fadjroel juga mengungkit penolakan Jokowi itu pertama kali pada 2019. Kala itu, Jokowi menilai wacana tiga periode ingin menampar muka, cari muka, dan ingin menjerumuskan.

Jokowi juga kembali menegaskan penolakan itu pada Maret lalu. Saat itu Jokowi menyatakan tidak ada niat dan tidak berminat menjadi presiden tiga periode. Kepala Negara menegaskan konstitusi mengamanahkan dua periode dan itu harus dijaga bersama.

Sejumlah relawan mengatasnamakan Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024 menggelar pembentukan sekretariat untuk mendorong Jokowi maju bersama Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Mereka yang tergabung di Jokpro 2024 yakni Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari sebagai penasihat, Ketua Umum Baron Danardono Wibowo, dan Sekjen Timothy Ivan Triyono.

 

Jokpro 2024 menyebut mereka sebagai organisasi relawan pendukung Jokowi dan Prabowo. Jokpro 2024 mendukung Jokowi untuk maju kembali sebagai presiden tiga periode berdampingan dengan Prabowo. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Tersangka Kasus ASABRI Wafat

👤RO/Micom 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 08:34 WIB
Ilham telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Timur setelah berkas perkara dirinya bersama delapan orang lainnya dinyatakan lengkap...
Antara/Akbar Nugroho Gumay.

18 Pegawai KPK Antusias Ikuti Diklat Bela Negara

👤Sri Utami 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 18:55 WIB
Dian berharap dengan metode pembelajaran yang beragam dan materi-materi diklat yang baru peserta memetik wawasan baru secara...
Ist/DPR

Puan: Tindak Tegas Mafia Obat Terapi Covid-19 Tanpa Pandang Bulu!

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 18:36 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi sejumlah upaya yang mengungkap aksi penimbunan obat Covid-19 berikut tindakan tegas dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya