Selasa 15 Juni 2021, 23:50 WIB

Kejagung Selisik Kasus Impor Emas dari Singapura

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Kejagung Selisik Kasus Impor Emas dari Singapura

Antara
Ilustrasi

 

DIREKTUR Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Kejaksaan Agung Febrie Ardiansyah mengungkapkan pihaknya mulai menyelisik skandal impor emas yang nilainya diduga mencapai Rp47,1 triliun. Menurutnya, penyidik masih menganalisis kasus tersebut.

"Itu sudah sampai ke tangan kita, dari Pak Jaksa Agung, JAM-Pidsus. Sekarang posisinya lagi dianalisa, ditelah ketentutan-ketentuannya," kata Febrie di Gedung Bundar Kejagung, Jakarta, Selasa (15/6).

Salah satu hal yang dianalisa dalam kasus tersebut adalah mekanisme penanganannya. Sebab, kasus yang awalnya diungkap oleh anggota Komisi III Fraksi PDIP Arteria Dahlan dalam rapat dengar pendapat bersama Jaksa Agung itu ditangai menggunakan UU Kepabeanan. Dalam UU tersebut, aparat yang melakukan penyidikan adalah Kementerian Keuangan.

"Kita pastikan, ini masih dalam kualifikasi kerugian yang terjadi di pendapatan terkait UU Kepabeanan ketika dia masuk atau dia Tipikor? Kalau Tipikor kan beda berarti," katanya.

Sebelumnya, JAM-Pidsus Ali Mukartono menyebut sedang mencari celah hukum agar Korps Adhyaksa bisa mengusut skandal tersebut. Ali mengatakan pihaknya berupaya untuk menerapkan UU Tipikor dengan berinovasi menerapkan Pasal 2 Ayat 1 atau Pasal 3 yang mengatur soal unsur merugikan perekonomian negara.

"Saya coba untuk ini merugikan perekonomian negara," katanya saat rapat kerja dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (14/6).

Menurut Arteria, penyelewengan terjadi dengan modus merubah data emas yang masuk dari Singapura di Bandara Soekarno-Hatta. Emas yang masuk dari Singapura awalnya berbentuk setengah jadi, namun saat masuk ke Indonesia, labelnya diubah menjadi produk emas bongkahan. Hal ini memungkinkan lolosnya pengenaan pajak. (OL-8)

 

Baca Juga

Antara

Eks Gubernur Sumsel Alex Noerdin Diperiksa Terkait Korupsi Masjid Sriwijaya

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 29 Juli 2021, 21:16 WIB
Alex disebut telah menerima uang sebesar Rp2,343 miliar dan Rp300 juta untuk biaya swe...
MI/Ramdani

Jimly Asshiddiqie Sebut Koruptor Masjid Sriwijaya Biadab

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 29 Juli 2021, 21:04 WIB
Penyidik Kejaksaan Tinggi Sumatra Selatan telah menersangkakan enam orang, empat di antaranya telah diseret ke meja...
Antara

Menkumham: PPKM untuk Lindungi Rakyat, bukan Mengekang

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 29 Juli 2021, 18:55 WIB
Yasonna pun meminta seluruh masyarakat untuk mendukung kebijakan PPKM. Sehingga, laju penyebaran covid-19 di Tanah Air dapat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya