Minggu 06 Juni 2021, 10:42 WIB

Taman Nasional Ujung Kulon Perkuat Wisata Tanjung Lesung

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Taman Nasional Ujung Kulon Perkuat Wisata Tanjung Lesung

Ist/DPR
Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira

 

ANGGOTA Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira menilai pemerintah perlu mememperkuat konservasi Taman Nasional Ujung Kulon dalam rangka memperkuat destinasi wisata Tanjung Lesung di Provinsi Banten.

Pasalnya, menurut Andreas, pascakeluar dari 10 destinasi wisata prioritas nasional, Tanjung Lesung mengalami stagnasi pembangunan wisata saat ini.

“Salah satu yang menjadi andalan dan harus dijaga sebagai kekayaan negara bahkan dunia itu ada di Taman Nasional Ujung Kulon. Itu menjadi potensi penarik wisata di Tanjung Lesung. Seperti hubungan Taman Nasional Komodo dengan Labuan Bajo. Hal yang paling utama adalah menjaga Taman Nasional Ujung Kulon ini,” jelas Andreas saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI ke Kawasan Wisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Jumat (4/6/2021).

Menurut informasi yang diterima Andreas, saat ini kondisi Taman Nasional Ujung Kulon kondisinya pun cukup memprihatinkan. Sebab, kerja sama dengan Dana Dunia untuk Alam (WWF) akan diputus beberapa tahun ke depan. Kondisi ini, tambah Andreas, akan mengganggu konservasi satwa langka, salah satunya ada Badak Jawa yang semakin mengalami kepunahan.

“Kita dengar ada kerja sama yang akan diputus dengan WWF. Harus ada alternatif kalau mau memutusnya. Pemerintah harus siap untuk menanggulangi hal-hal yang selama ini dilakukan WWF. Kalau tidak siap, jangan dulu melakukan pemutusan kerja sama ini,” tegas politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

Karena itu, menurutnya, pembinaan terhadap masyarakat hingga konservasi aset nasional Taman Nasional Ujung Kulon akan menentukan kedatangan wisatawan ke Tanjung Lesung.

 “Daya tarik Tanjung Lesung itu adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Aset ini harus dijaga betul, sehingga tetap menjadi andalan destinasi. Satwa yang ada di Ujung Kulon itu, belum tentu bisa hidup di daerah lain. Konservasi ini kata kunci pemerintah untuk ambil alih atau berikan perhatian serius termasuk dalam hal kerja sama,” tegasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Kapolri Siapkan Strategi Capai Vaksinasi 70% di Hari Kemerdekaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 17:25 WIB
Target yang akan dicapai yaitu 200 suntikan per-RW per hari mulai dari 1...
MI/AGUS MULYAWAN

NasDem Bagikan Seribu Makanan Siap Saji Setiap Hari

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 17:19 WIB
Plt Direktur RSUD Soreang, dr. Irvan Agusta pun menyambut baik adanya bantuan makanan bagi para tenaga kesehatan dan keluarga pasien yang...
ANTARA

KPU RI Siapkan Enam Model Varian Surat Suara Simulasi Pemilu 2024

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 16:11 WIB
KPU RI melakukan kajian dan penelitian juga simulasi di internal mengadakan simulasi mencoba mendesain surat suara dan mengujicoba pada...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya