Kamis 08 April 2021, 12:59 WIB

Puan Minta Pemerintah, Pelarangan Mudik Harus Adil dan Konsisten

Sri Utami | Politik dan Hukum
Puan Minta Pemerintah, Pelarangan Mudik Harus Adil dan Konsisten

Ist/DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani.

 

KETUA DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah konsisten terhadap kebijakan yang diambil terkait pengendalian mobilitas masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Menurut Puan, sebelum memutuskan melarang aktivitas mudik, pemerintah sudah beberapa kali memberikan imbauan atau larangan untuk bepergian saat libur panjang namun faktanya, tetap ada peningkatan mobilitas warga pada beberapa hari libur panjang yang lalu.

“Konsistensi penerapan kebijakan di lapangan harus dilakukan untuk mencapai hasil seperti yang diharapkan. Larangan aktivitas mudik harus adil dan konsisten,” ujarnya, Kamis (8/4)

Dalam mengatasi penyebaran Covid-19 sekaligus menjaga geliat perekonomian memang tidak mudah. Pelarangan mudik bisa mencegah penyebaran Covid-19 tapi mengurangi putaran perekonomian dari pusat ke daerah. Publik memertanyakan larangan mudik tetapi tempat wisata diizinkan beroperasi meski tetap ada pembatasan.

Karena itu, Puan meminta pemerintah memanfaatkan waktu untuk mematangkan kebijakan terkait mudik, ibadah di bulan Ramadan, dan tempat wisata, agar pencegahan penyebaran Covid-19 dan menjaga perekonomian dapat berjalan adil serta efektif.

“Tidak boleh ada lagi kebijakan yang membingungkan masyarakat. Siapkan mekanismenya, sumber daya manusianya, supaya penerapan dan pengawasan di lapangan konsisten,” terangnya. 

Dia berharap masyarakat yang sudah berkorban untuk tidak mudik, telah mengikuti aturan, justru kecewa karena orang lain melanggar tapi tidak ditindak karena belum ada payung hukumnya.

Hal lain yang perlu dilakukan yakni sosialisasi yang masif dan efektif agar masyarakat mau bersama menunda mudik demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Mari kita mawas diri, bersabar menahan kerinduan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, demi kebaikan kita bersama,” tukasnya. (Sru/OL-09).

Baca Juga

Antara/ Reno Esnir.

Merasa Dijebak, Penyuap Kasus Ekspor Benur Minta Dibebaskan

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 14 April 2021, 14:03 WIB
Aldwin mengklaim kliennya merupakan korban dari praktik korupsi yang...
MI/Rommy Pujianto

KLHK Tangkap Lima Pembom Ikan di Taman Nasional Komodo

👤¬†Atalya Puspa 🕔Rabu 14 April 2021, 13:42 WIB
Tim operasi gabungan menahan lima orang pembom ikan dan menyita perlengkapan penangkapan ikan yang merusak, di kawasan Taman...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Kasus Nurdin Abdullah, KPK Sita Barang Bukti dari Pengusaha

👤¬†Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 14 April 2021, 13:30 WIB
KPK menggeledah rumah pengusaha dalam penyidikan kasus Gubernur Sulawesi Selatan nonaktif Nurdin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya