Sabtu 27 Februari 2021, 18:15 WIB

Penghargaan Antikorupsi Nurdin Dicabut Saat Jadi Tersangka

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Penghargaan Antikorupsi Nurdin Dicabut Saat Jadi Tersangka

MI/Lina Herlina
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulse) Nurdin Abdullah

 

PENGHARGAAN Bung Hatta Anticorruption Award (BHACA) yang sempat disempatkan kepada Gubernur Sulawesi Selatan (Sulse) Nurdin Abdullah pada 2017 terancam hilang. Statusnya itu akan otomatis dicabut ketika statusnya ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kami sangat terkejut dan prihatin dengan berita tentang pak Nurdin Abdullah pagi ini. Beliau mendapat award tahun 2017 ketika masih menjabat Bupati Bantaeng, Sulsel," seperti diungkap BHACA dalam akun media sosialnya @BungHattaAward, Sabtu (27/2).

BHACA akan menunggu keputusan KPK yang masih memeriksa Nurdin Abdullah setelah dibawa dari Sulsel ke Jakarta. Dengan demikian penghargaan yang sempat disematkan kepada Nurdin pada 2017 dapat dicabut ketika berstatus tersangka.

Selain itu, BHACA juga mengunggah tipologi korupsi yang dikembangkan oleh Vito Tanzi ekonom terkemuka dari Harvard University. Terdapat lima kategori korupsi yang berkembang di dunia.

Baca juga: Pengamat Kaitkan OTT KPK Dengan Peluang Nurdin Abdullah di Pilgub

Pertama korupsi transaksi yaitu korupsi yang terjadi atas kesepakatan di antara seorang donor dengan resipen untuk keuntungan kedua belah pihak. Kedua korupsi ekstortif, yaitu korupsi yang melibatkan penekanan pemaksaan untuk menghindari bahaya bagi mereka yang terlibat atau orang-orang yang dekat dengan pelaku korupsi.

Selanjutnya korupsi investif, yaitu korupsi yang berawal dari tawaran yang merupakan investasi untuk mengantisipasi adanya keuntungan di masa datang. Keempat korupsi nepotistik, yaitu korupsi yang terjadi karena perlakuan khusus baik dalam pengangkatan kantor publik maupun pemberian proyek-proyek bagi keluarga dekat.

Terakhir, korupsi otogenik yaitu korupsi yang terjadi ketika seorang pejabat mendapat keuntungan karena memiliki pengetahuan sebagai orang dalam (insiders information) tentang berbagai kebijakan publik yang seharusnya dirahasiakan. (OL-4)

Baca Juga

MI/M IRFAN

Sidang Perdana Edhy Prabowo Digelar Hari Ini

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 15 April 2021, 08:19 WIB
"Dijadwalkan sidang perdana terdakwa Edhy Prabowo dan kawan-kawan dengan agenda pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum (JPU)...
Dok Pribadi

Jelang Reshuffle Butuh Menteri Cekatan, Responsif dan Inovatif

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 15 April 2021, 07:04 WIB
Dalam situasi pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi, pemerintah membutuhkan kementerian yang cekatan, responsif dan inovatif dalam...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

PKS dan PPP Buka Peluang Bentuk Poros Islam

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 15 April 2021, 06:53 WIB
Sekjen PPP Arwani Thomafi menyebut kerja sama antarpartai seperti itu memudahkan menyikapi kontestasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya