Minggu 31 Januari 2021, 17:01 WIB

PPATK Serahkan Laporan Analisis Rekening FPI ke Polri

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
PPATK Serahkan Laporan Analisis Rekening FPI ke Polri

Ilustrasi
Rekening FPI

 

PUSAT Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah menyerahkan hasil analisis dan pemeriksaan terhadap 92 rekening milik FPI dan pihak terafiliasi ke kepolisian. Menurut Ketua PPATK, Dian Ediana Rae, beberapa rekening diblokir karena terdapat dugaan perbuatan melanggar hukum.

"Hasil analisis dan hasil pemeriksaan atas rekening-rekening tersebut telah disampaikan kepada penyidik Polri untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangannya," kata Dian melalui keterangan tertulis, Minggu (31/1).

"Berdasarkan hasil koordinasi dengan penyidik Polri, diketahui adanya beberapa rekening yang akan ditindaklanjuti penyidik Polri dengan proses pemblokiran karena adanya dugaan perbuatan melawan hukum," sambungnya.

Baca juga : KPK Dalami Dugaan Jatah Vendor Adik Politikus PDIP Ihsan Yunus

Dian mengatakan PPATK akan memberikan dukungan dengan berkoordinasi dengan penyidik mengenai adanya dugaan perbuatan melawan hukum tersebut. Ia menegaskan bahwa PPATK tetap dapat menjalankan fungsi intelijen apabila menerima laporan transaksi mencurigakan.

"PPATK masih tetap dapat melakukan fungsi intelijen keuangan berdasarkan UU No. 8 Tahun 2010 dan UU No. 9 Tahun 2013 terhadap rekening-rekening terkait apabila di kemudian hari menerima Laporan Transaksi Keuangan yang Mencurigakan (LTKM) dan atau sumber informasi lainnya," jelas Dian.

Sebelumnya, PPATK menghentikan sementara transaski 92 rekening FPI dan pihak yang terkait dengan organisasi tersebut. Penghentian transaksi itu dimaksudkan dalam rangka memberikan waktu yang cukup untuk PPATK melakukan analisis pemeriksaan rekening-rekening itu setelah FPI ditetapkan sebagai organisasi terlarang. (OL-2)

 

Baca Juga

dok.mi

Diduga Palsukan Dokumen Kejari Papua Dilaporkan ke Bareskrim

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 26 November 2021, 23:34 WIB
OKNUM Kejaksaan Negeri Papua dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri karena dugaan pemalsuan dokumen oleh Bupati terpilih Kabupaten...
Dok. Mi

Menteri ATR Pastikan 4 dari 6 Sertifikat Tanah Nirina Zubir Diblokir untuk Keperluan Penyidikan 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 26 November 2021, 19:03 WIB
“Dari enam sertifikat tadi, yang beralih dua dan empat lagi itu sudah diblokir. Berarti itu akan jadi lebih mudah. Begitu urusan...
Dok MI

Kejagung Bakal Lakukan Penyidikan Umum Kasus HAM Berat

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 26 November 2021, 19:00 WIB
Langkah itu dianggap menjadi jalan keluar atas kebuntuan yang selama ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya