Rabu 27 Januari 2021, 13:30 WIB

Korupsi Bansos, KPK Panggil Politikus PDIP Ihsan Yunus

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Korupsi Bansos, KPK Panggil Politikus PDIP Ihsan Yunus

MI/Susanto
Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta.

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap anggota DPR dari Fraksi PDIP Ihsan Yunus. Dia dipanggil sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pengadaan bansos covid-19 yang menjerat eks Menteri Sosial Juliari Batubara.

"Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk tersangka AW (Pejabat Pembuat Komitmen di Kementerian Sosial Adi Wahyono )," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (27/1).

Politikus PDIP itu dipanggil sebagai mantan Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang merupakan mitra kerja Kementerian Sosial. Saat ini, dia berstatus sebagai anggota Komisi II setelah digeser Fraksi PDIP beberapa waktu lalu. Nama Ihsan belakangan menjadi sorotan lantaran diduga terkait dengan perusahaan penyedia bansos.

Selain Ihsan, penyidik komisi juga memanggil tiga saksi lain yakni Direktur PT Integra Padma Mandiri Budi Pamungkas, Direktur PT Mandala Hamonangan Sude Rajif Bachtiar Amin, dan mantan ajudan Mensos Eko Budi Santoso. Budi dan Rajif dipanggil untuk tersangka Juliari sedangkan Eko untuk tersangka Adi Wahyono.

Dalam kasus itu, Juliari diduga menerima Rp17 miliar dari dua tahap pengadaan bansos Jabodetabek. KPK menduga Juliari mendapat potongan Rp10 ribu dari setiap paket sembako dari vendor Kemensos melalui penunjukkan langsung.

Duit Rp8,2 miliar diduga diterima terkait penyaluran bansos periode pertama dan Rp8,8 miliar pada penyaluran tahap dua. Selain Juliari, empat tersangka lain yakni dua pejabat pembuat komitmen Kemensos yakni Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso serta dari pihak swasta Ardian I M dan Harry Sidabuke. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Hotma Sitompul dan Achsanul Qosasi Disebut dalam Aliran Fee Bansos

👤Tri Subarkah 🕔Senin 08 Maret 2021, 20:50 WIB
Adi menyebut uang ke Hotma diserahkan terkait kasus hukum yang ada di Direktorat Jenderal Rehabilitasi...
dok.mi

Kubu AHY Diminta Jangan Kaitkan Jokowi Soal KLB

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Maret 2021, 20:50 WIB
KUBU Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY diminta tidak lagi mengait-ngaitkan Presiden Jokowi dalam urusan Kongres Luar Biasa (KLB) partai...
Antara

Nazaruddin Disebut Sokong Dana Peserta KLB Demokrat

👤Bobi Kautsar 🕔Senin 08 Maret 2021, 20:33 WIB
Gerlad mengaku sempat diming-imingi uang sebesar Rp100 juta apabila hadir di KLB. Namun uang yang ia dapat tidak sesuai dengan nominal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya