Senin 18 Januari 2021, 15:50 WIB

MK Registrasi 132 Perkara Sengketa Hasil Pilkada

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
MK Registrasi 132 Perkara Sengketa Hasil Pilkada

MI/RUDI KURNIAWANSYAH
Bawaslu Riau, Kamis (!4/1), menyusun keterangan tertulis bersama 5 kabupaten yang terdapat permohonan sengketa pilkada di MK.

 

MAHKAMAH Konstitusi (MK) menerbitkan buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) untuk permohonan sengketa perselisihan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020, Senin (18/1). 

Pada laman https://www.mkri.id/ diketahui terdapat 132 perkara sengketa pilkada yang sudah diregistrasi. Permohonan yang diajukan terdiri dari tujuh permohonan sengketa hasil perselisihan pemilihan gubernur, 112 perkara untuk pemilihan bupati, dan 13 perkara untuk pemilihan wali kota.

Juru bicara MK Fajar Laksono menyampaikan BRPK nantinya akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Sedang dalam proses," imbuh Fajar ketika dihubungi, Senin (18/1).

Setelah MK menerbitkan BRPK, akan dapat diketahui daerah-daerah yang mengajukan permohonan sengketa pilkada dan telah teregistrasi di MK. Bagi daerah yang tidak ada permohonan sengketa perselisihan pilkada, KPU daerah dapat langsung melakukan penetapan pasangan calon kepala daerah terpilih paling lambat 5 hari setelah penyampaikan BRPK oleh MK.

MK telah menerima permohonan sengketa perselisihan hasil pilkada sebanyak 136 permohan. Namun, perkara yang teregistrasi hanya 132, sedangkan 4 permohonan gugur atau tidak akan disidangkan yakni satu permohonan untuk pemilihan wali kota/ wakil wali kota Magelang dan tiga permohonan untuk pemilihan bupati/wakil bupati yaitu Kabupaten Pegunungan Bintang, Kepulauan Aru, dan Mamberamo Raya karena terdaftar dua (ganda) dalam sistem.

Fajar menyampaikan pemberitahuan sidang pertama akan disampaikan pada 18-20 Januari 2021. Kemudian, sidang pemeriksaan pendahuluan akan digelar pada 26 Januari 2021 sesuai yang telah dijadwalkan. (P-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Paspampres: Moge Terobos Ring I Selesai, Kini Ditangani Polisi

👤Dhika kusuma winata 🕔Senin 01 Maret 2021, 17:05 WIB
Wisnu mengatakan terkait dugaan pelanggaran hukum dalam insiden itu diserahkan sepenuhnya ke...
MI/Susanto.

Korupsi Dirgantara Indonesia, Dirut PAL Segera Diadili

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 01 Maret 2021, 17:04 WIB
Budiman Saleh menjabat sebagai Direktur Aerostructure PT DI periode 2007-2010, Direktur Aircraft Integration PT DI (2010-2012), dan...
Antara

Sebelum Ditangkap, 12 Teroris di Jatim Siapkan Aksi Amaliyah

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 01 Maret 2021, 17:02 WIB
Namun, aksi tersebut digagalkan Densus 88 Antiteror. Polisi enggan menjelaskan perihal lokasi rencana aksi Amaliyah dari kelompok...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya