Senin 30 November 2020, 08:33 WIB

Komnas HAM Desak Aparat Segera Tangkap Pelaku Teror Sigi

Cindy Ang | Politik dan Hukum
Komnas HAM Desak Aparat Segera Tangkap Pelaku Teror Sigi

ANTARA/Faldi/Mohamad Hamzah
Sebuah mobil Brimob Polri melintas di perkampungan warga di Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

 

KOMISI Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyesalkan peristiwa pembunuhan terhadap empat warga Dusun Tokelemo, Desa Lemba Tongoa, Kabupaten Sigi, Palu, Sulawesi Tengah. Aparat kepolisian diminta segera mengejar dan menangkap pelaku.

"Siapa pun pelaku dan dari kelompok mana pun pelaku tersebut. Langkah-langkah nyata dan segera harus diambil Polri demi tegaknya hukum dan terlindunginya hak asasi korban dan keluarganya," kata Wakil Ketua Komnas HAM Amiruddin lewat keterangan tertulis, Senin (30/11).

Amiruddin menyebut tindakan pembunuhan disertai pembakaran rumah-rumah warga merupakan tindakan biadab serta tidak berperimanusiaan. Tindakan itu dapat mengancam perlindungan serta kehormatan hak-hak asasi manusia.

Baca juga: Polri Terjunkan Satgas Tinombala Usut Pembunuhan Keluarga di Sigi

"Kami sangat mengecam dan mengutuk tindakan pembunuhan yang disertai perusakan barang milik warga tersebut," ucap dia.

Dia juga meminta Presiden Joko Widodo dan aparat keamanan untuk menjamin keselamatan masyarakat. Selain itu juga mencegah peristiwa yang sama berulang.

Komnas HAM mengajak semua elemen bangsa untuk tidak terprovokasi. Serta bersama-sama aktif mencegah tindakan intoleransi maupun teror yang mengancam harkat dan martabat manusia.

Satu keluarga di Desa Lemba Tongoa, Kabupaten Sigi, Palu, Sulawesi Tengah, dibunuh pada Jumat (27/11). Pelaku diduga kelompok teroris.

Pada peristiwa itu, satu rumah pelayanan atau rumah yang dijadikan sebagai tempat ibadah oleh warga turut dibakar. Perkampungan dihuni sekitar 40 kepala keluarga (KK). (OL-1)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Kota yang Baik adalah yang Membahagiakan Warganya

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 17 April 2021, 21:40 WIB
Perencanaan harus mempertimbangkan berbagai aspek seperti kearifan lokal, sejarah, hingga struktur ekonomi...
Dok. Sekretariat  Pers Presiden RI

Presiden: Ibu Kota Baru Usung Smart City dan Inklusivitas

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 17 April 2021, 21:24 WIB
Selain pintar, ibu kota negara baru juga harus dirancang secara matang agar menjadi kawasan yang kondusif dan inklusif, terbuka bagi...
Antara

Nilai Agama Harus Terpancar dalam Bernegara

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 17 April 2021, 20:20 WIB
Menurut dia, nilai-nilai luhur agama harus menjadi prinsip dan sasaran bernegara. Misalnya menyangkut kesejahteraan, keadilan, kesetaraan,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya