Rabu 10 April 2019, 09:05 WIB

Mantan Sekda Malang Jadi Tersangka Ke-45 Suap APBD

Mantan Sekda Malang Jadi Tersangka Ke-45 Suap APBD

ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO
WALI KOTA MALANG DIPERIKSA KPK: Wali Kota Malang Sutiaji (kiri) seusai diperiksa KPK sebagai saksi di Polresta Malang, Jawa Timur, kemarin.

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Sekretaris Daerah Kota Malang, 2014-2016, Cipto Wiyono sebagai tersangka. Penetapan tersangka ini merupakan hasil pengembangan kasus dugaan suap pembahasan APBD Pemerintah Kota Malang Tahun Anggaran 2015.

"Setelah mencermati fakta-fakta yang berkembang di penyidikan dan persidangan serta berdasarkan bukti permulaan yang cukup, KPK meningkatkan status penanganan perkara ini," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, kemarin.

Cipto bersama Wali Kota Malang ketika itu Moch Anton dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Pengawasan Bangunan Jarot Edy Sulistiyono diduga telah memberi hadiah atau janji terkait dengan pembahasan APBD-P Pemerintah Kota Ma-lang Tahun Anggaran 2015 kepada Ketua DPRD Kota Malang, M Arief Wicaksono.

Suap ini terjadi pada 2015. Saat itu terdapat sisa anggaran lebih penggunaan anggaran (Silpa) atas pelaksanaan APBD. Cipto menjadi tersangka ke-45 dalam kasus suap APBD 2015.

Pada pertengahan Juli 2015, dilakukan pembahasan APBD Perubahan yang diawali dengan rapat paripurna DPRD membahas kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran.

Tak lama kemudian, Moch Anton memerintahkan Cipto berkoordinasi dengan Jarot Edy dan Arief Wicaksono terkait dengan penyiapan uang untuk anggota DPRD Kota Malang sebesar Rp700 juta.

Sementara itu, Wali Kota Malang 2018-2023, Sutiaji, dipe-riksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dengan kasus suap pembahasan APBD Perubahan Kota Malang Tahun Anggaran 2015. Dia diperiksa bersama sejumlah saksi di Polres Malang Kota.

Sutiaji diperiksa selama tiga jam sejak pukul 10.30 hingga pukul 14.00 WIB.Orang nomor satu di Kota Malang diperiksa sebagai saksi terhadap tersangka baru dalam kasus suap pembahasan APBD-P Kota Malang Tahun Anggaran 2015. Tersangka baru itu, yakni mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Cipto Wiyono.

"Bentuknya sama. Jadi kita hanya memenuhi pember-kasan yang sudah-sudah, karena ini kan tersangkanya baru Pak Cip (Cipto Wiyono) begitu aja. Saya diundang ini jadi saksi tersangkanya Pak Cipto Wiyono. Satu nama saja," katanya kepada awak media. (*/P-3)

Baca Juga

Antara

Pengacara: Istri Sambo tidak Ada Masalah dengan Brigadir J di Magelang

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 20:00 WIB
Magelang menjadi kota tempat Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi merayakan ulang tahun pernikahan ke-22. Saat itu, Sambo diketahui justru...
ANTARA FOTO/Makna Zaezar

1.631 Narapidana di Papua Dapatkan Remisi dalam Rangka HUT Kemerdekaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 19:52 WIB
Sebanyak 1.631 narapidana di Papua mendapatkan remisi dari pemerintah dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Muhaimin: Saya dan Prabowo Sama-sama Capres

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 19:50 WIB
Wakil Ketua DPR itu menyampaikan penentuan siapa yang akan mengisi posisi capres dan calon wakil presiden (cawapres) dibahas lebih lanjut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya