Kamis 18 Juli 2019, 23:40 WIB

Dicomblangi Mendagri, Yasonna dan Arief Berdamai

(Uca/J-3) | Megapolitan
 Dicomblangi Mendagri, Yasonna dan Arief Berdamai

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
MEDIASI PEMKOT TANGERANG DAN KEMENKUMHAM

 

KEMENTERIAN Dalam Negeri memfasilitasi mediasi meredam perseteruan antara Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum dan HAM) Yasonna Laoly dan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. Keduanya berseteru terkait izin mendirikan bangunan (IMB) sekolah kedinasan Kemenkum dan HAM, yakni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) di Tangerang. Pertemuan tertutup dimulai pada pukul 13.00 WIB. Keduanya keluar ruangan dengan senyum lepas.

"Sudah tidak ada pertentangan, tidak ada dusta di antara Pak Sekjen Kum dan HAM (Bambang Sariwanto) dan Pak Wali Kota (Tangerang). Ini atas petunjuk Pak Mendagri (Tjahjo Kumolo)," ujar Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, di Gedung Kemendagri, kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Tjahjo Kumolo berhalangan hadir sehingga diwakili Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo. Dari pihak Kemenkum dan HAM diwakili Sekjen Kemenkum dan HAM Bambang Sariwanto. Adapun Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah maupun Gubernur Banten Wahidin Halim hadir dalam pertemuan tersebut.

Kesepakatan yang disepakati dalam pertemuan tersebut, ungkap Hadi, meliputi upaya dan kompromi izin pembangunan dan pemanfaatan lahan, penarikan pengaduan di polisi, pengaktifan kembali sejumlah layanan publik, hingga perizinan terkait tata ruang bangunan.

"Terkait dengan pembangunan Poltekim dan pemanfaatan lahan, semuanya sudah clear, yang mana penyesuaiannya akan difasilitasi Bapak Gubernur Banten, sehingga tadi telah ada kesepakatan akan menarik seluruh pengaduan, dan juga pelayanan publik dibolehkan. Kemudian terkait dengan normatif di dalam perizinan di sana, tata ruangnya ini akan diselesaikan sebaik-baiknya," terang Hadi.

Hadi pun mengungkapkan perbedaan persepsi yang membuat perseteruan ini bergulir. Khususnya terkait peruntukan lahan dan perizinan. (Uca/J-3)

Baca Juga

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Nama Jalan Diubah, Wagub DKI Pastikan Perubahan Dokumen Digratiskan

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:36 WIB
Dirinya telah memerintahkan jajarannya untuk segera menyiapkan blanko gratis bagi para warga yang akan mengubah dokumen, khususnya dalam...
ANTARA/Asprilla Dwi Adha

25.804 Lulusan SD di Kota Depok tidak Tertampung di SMP Negeri

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 11:02 WIB
“Jumlah siswa yang tidak diterima di SMP Negeri 2022/2023 kurang lebih 25.804 anak. Sementara jumlah SMP Negeri cuma 33. Jadi yang...
ANTARA/Aprillio Akbar

Puncak HUT Jakarta, Rekayasa Lalin Diterapkan di Sekitar JIS

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 07:30 WIB
"Kami mengimbau masyarakat yang telah memiliki tiket untuk menonton acara malam puncak Jakarta Hajatan ke-495 di JIS untuk menggunakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya