Rabu 30 Januari 2019, 14:58 WIB

NasDem Dukung KPU Publikasikan Caleg Mantan Napi Korupsi

Putra Ananda | Politik dan Hukum
NasDem Dukung KPU Publikasikan Caleg Mantan Napi Korupsi

MI/Ramdani

 

PARTAI NasDem mendukung penuh upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan mengumumkan calon legislatif (caleg) berstatus mantan napi korupsi. Pengumuman tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan masyarakat dalam menentukan pilihan pada Pemilu Legislatif (Pileg) pada April mendatang.

Ketua Badan Advokasi Hukum (BAHU) Partai NasDem Taufk Basari (Tobas) menuturkan, sejak awal NasDem memiliki komitmen untuk tidak mencalonkan caleg berstatus mantan napi koruptor. Komitmen NasDem tersebut ditandai dengan adanya pakta integritas yang telah ditandatangani langsung oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

"Ini bentuk kewajiban dari partai untuk melakukan komitmen yang telah ditentukan untuk tidak mencalonkan caleg mantan napi koruptor. Untuk itu kita sangat mendukung langkah dari KPU," ujar Tobas di Jakarta, Rabu (30/1).

Baca juga: Kapolri Ajak Partai dan Caleg Berkampanye Santun

Tobas melanjutkan, komitmen NasDem untuk tidak mencalonkan caleg mantan napi koruptor telah dipatuhi oleh seluruh jajaran pengurus NasDem mulai dari tingkat pusat hingga ke tingkat kabupaten/kota. NasDem bahkan langsung mencoret dua nama caleg mantan napi koruspi yang sempat terdaftar sebagai caleg partai NasDem.

"Kami langsung panggil pimpinannya yang memasukkan dua nama itu dan memerintahkan untuk langsung mencoretnya tanpa ragu," paparnya. (OL-7)

Baca Juga

FOTO/Dok.Kemendagri

Waspadai Omikron, Kepala Daerah Dilarang Bepergian ke Luar Negeri

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:44 WIB
Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro meminta kepala daerah menaati larangan...
Antara

Gaga Muhammad Divonis Hukuman Penjara 4,5 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:38 WIB
Terdakwa Gaga Muhammad divonis hukuman penjara selama 4,5 tahun dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu...
Medcom

Polri Sebut Kejahatan Siber Banyak Dilakukan Napi

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:00 WIB
Ramadhan mengatakan para tersangka leluasa menggunakan ponsel ataupun alat komunikasi di dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya