Selasa 17 November 2020, 14:16 WIB

Tips Turing Aman Bersama Komunitas

RO | Otomotif
Tips Turing Aman Bersama Komunitas

Chevrolet Indonesia
.

 

KESIBUKAN serta rutinitas pekerjaan terkadang membuat kita merasa jenuh. Terlebih dalam kondisi pandemi yang membatasi ruang gerak masyarakat.

Berkumpul bersama rekan-rekan komunitas menjadi salah satu cara untuk mengusir rasa jenuh sekaligus bertukar pengalaman menarik. Terlebih melakukan petualangan dengan cara turing bersama setelah adanya pelonggaran PSBB.

Agar turing berjalan baik tentu ada tata caranya. Berkedara konvoi sangat berbeda dibandingkan saat kita berkendara sendirian. Berkendara secara konvoi membutuhkan kewaspadaan ekstra untuk menjaga keamanan dan keselamatan berkendara (safety driving). 

Berkendara sendiri, prioritas utama pengendara adalah keselamatan diri sendiri dan penumpang. Namun berkendara bersama komunitas, Anda harus dapat bekerja sama dengan anggota lainnya.

Berikut tips dan panduan untuk mengadakan kegiatan touring kendaraan bersama:

Periksa kondisi kendaraan

Memeriksa kendaraan saebelum bepergian sangat penting, mulai dari lampu, oli, rem, ban, air wiper, dan kondisi ban cadangan. Pastikan bahan bakar penuh sebelum berangkat.

Periksa bagian kolong kendaraan bila ada kebocoran cairan dari salah satu komponen kendaraan seperti, minyak rem, oli transmisi, oli mesin, oli gardan, cairan power stering, dan lain-lain. Persiapkan nomor layanan darurat yang dapat dihubungi saat diperlukan untuk menderek mobil.

Merencanakan rute perjalanan

Periksa rute perjalanan untuk mengetahui adanya tempat-tempat penting yang bisa disingggahi bila terjadi sesuatu atau sekadar beristirahat. Mulai dari lokasi SPBU, bengkel, restoran, tempat peristirahatan, dan lain-lain. Untuk memeriksa sepanjang rute bisa memanfaatkan layanan digital seperti GoogleMap, Waze, dan lain-lain.

Bila Anda memiliki perangkat GPS, lakukan pengaturan untuk mendapatkan rute terbaik menuju lokasi tujuan Anda sebelum berangkat. Anda bisa mengaturnya untuk memilih rute melalui jalan biasa, atau jalan tol, maupun jalur alternatif.

Siapkan barang bawaan

Utamakan barang-barang yang pasti Anda butuhkan dalam dan selama perjalanan, seperti power bank, charger ponsel, lampu senter, jumper cable jumper serta kotak P3K sangat diperlukan terutama dalam keadaan darurat.

Sesuaikan jenis barang bawaan Anda dengan karakter destinasi Anda dan cuaca. Misalnya untuk kawasan pegunungan, maka siapkan jaket, atau pakaian renang dan sandal bila tujuannya berada di daerah pantai. Hindari membawa barang yang tidak penting. Jangan lupa menyiapkan tali pengikat bagasi agar barang tidak bergeser dan mengganggu konsentrasi. 

Sediakan cemilan atau makanan ringan sebagai teman perjalanan dan pengganjel di saat lapar namun jarak perjalanan masih jauh menuju rumah makan terdekat.

Tertib lalu lintas

Kegiatan touring biasanya melibatkan konvoi kendaraan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu sangat penting untuk tetap menjaga rangkaian, tetapi juga harus mengutamakan peraturan lalu lintas agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya.

Pastikan Komunikasi Lancar

Untuk menjaga kondisi rangkaian tetap teratur dan tidak mengganggu, sebaiknya setiap personil menyiapkan alat komunikasi di masing-masing kendaraannya.

Dengan adanya alat komuninkasi akan memudahkan memantau situasi lingkungan dan kondisi rombongan. Bila rangkaian terputus akibat sesuatu seperti lampu merah, maka rombongan di depan bisa menunggu di lokasi yang aman agar rombongan kembali dalam satu rangkaian, tanpa mengganggu pengguna jalan lain. 

Berhenti di titik yang telah ditentukan

Selama perjalanan jarak jauh, ada banyak hal yang bisa merepotkan pengendara seperti buang air kecil atau mengisi bahan bakar. Karena itu, panitia harus menentukan titik lokasi pemberhentian seperti di tempat ibadah dan SPBU. (Sumber: Chevrolet/S-4)

Baca Juga

DFSK INDONESIA

DAMRI Uji Coba Mobil Listrik DFSK Gelora E

👤RO 🕔Jumat 26 November 2021, 19:45 WIB
DFSK mendukung langkah DAMRI menuju elektrifikasi transportasi darat dan secara resmi menjalin kerja sama di sektor elektrifikasi...
AUTO2000

Mengemudi Aman dan Nyaman di Tengah Badai

👤RO 🕔Jumat 26 November 2021, 19:31 WIB
Agar tetap dapat mengemudi mobil dengan aman dan nyaman di tengah risiko badai, Auto2000 memberikan trik dan tips menghadapi fenomena alam...
Dok Andalan Motor

Bogor Jadi Target Pasar Potensial Produk Hyundai

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 26 November 2021, 17:50 WIB
Dealer Sholeh Iskandar yang berlokasi Jl Sholeh Iskandar, Cibadak, Tanah Sereal, Kota Bogor, merupakan dealer Hyundai keenam Andalan Motor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya