Kamis 29 Desember 2022, 22:59 WIB

Djokovic Masih belum Bisa Melupakan Diusir dari Australia

mediaindonesia.com | Olahraga
Djokovic Masih belum Bisa Melupakan Diusir dari Australia

AFP/Brenton EDWARDS
Petenis Serbia Novak Djokovic sedang melakukan pemanasan di Adelaide, sebelum tampil di Australia Terbuka bulan depan.

 

NOVAK Djokovic mengakui bahwa kejadian dirinya dideportasi dari Australia adalah pengalaman yang tidak akan pernah dia
lupakan, namun mencoba untuk terus maju setelah menerima sambutan hangat di Adelaide.
 
Bintang tenis, yang bersiap merebut gelar grand slam ke-22 untuk menyamai rekor Rafael Nadal pada Australia Terbuka, kembali ke negara tersebut, Selasa (27/12), hampir setahun setelah 'diusir' usai pertarungan hukum karena menolak divaksinasi covid-19.
 
Djokovic dilarang kembali selama tiga tahun, tetapi Australia sejak saat itu telah mencabut persyaratan bagi pengunjung untuk menunjukkan bukti status vaksinasi, dan pemerintah Canberra bulan lalu mengonfirmasi bahwa petenis Serbia itu dapat kembali ke negara tersebut.

"Itu salah satu hal yang melekat pada Anda, tetap bersama Anda, menurut saya, seumur hidup Anda," kata Djokovic dalam konferensi pers
untuk Adelaide International, seperti disiarkan AFP, Kamis (29/12).
 
"Seperti yang saya katakan, (itu) sesuatu yang belum pernah saya alami sebelumnya dan mudah-mudahan tidak pernah lagi."
 
"Tapi itu adalah pengalaman hidup yang berharga bagi saya dan sesuatu yang akan tetap ada, tapi saya harus terus maju."
 
"Kembali ke Australia menunjukkan bagaimana perasaan saya tentang negara ini, bagaimana perasaan saya tentang bermain di sini."  
 
Ketua federasi tenis Australia Craig Tiley berharap penggemar dapat menerima kembalinya Djokovic, sementara juara Australia Terbuka sembilan kali itu mengatakan sejauh ini tidak merasa dimusuhi.


Baca juga: AS Buka Perjalanan United Cup dengan Unggul 2-0 Atas Ceko


"Saya baru berada di sini dua hari, tetapi dari orang-orang di hotel ke bandara hingga orang-orang di turnamen dan di klub, semua orang sangat menyenangkan, sangat, sangat baik kepada saya jadi semuanya baik untuk saat ini," ujar Djokovic.
 
"Saya selalu merasa hebat di Australia, selalu, Anda tahu, memainkan tenis terbaik saya, menerima banyak dukungan, jadi semoga saya bisa
menjalani musim panas yang hebat lagi."
 
Petenis berusia 35 tahun itu tidak dapat berkompetisi di dua dari empat turnamen major tahun ini, menyusul sikapnya terhadap vaksinasi covid-19 yang berarti dia juga terpaksa absen di AS Terbuka.
 
Namun, dia menyelesaikan musim 2022 dengan gemilang, memenangi gelar di Tel Aviv, Astana, dan ATP Finals di Turin, serta mencapai final Paris Masters.
 
Dia juga meraih trofi di Roma dan Wimbledon, dan mencatatkan rekor menang-kalah 42-7 sepanjang musim.

"Saya selalu memiliki keyakinan pada diri saya sendiri, dan percaya bahwa saya bisa memenangi setiap turnamen yang saya mainkan. Dan, saya pikir dengan karier yang saya miliki, saya merasa pantas untuk memiliki pendekatan mental seperti itu," kata Djokovic.
 
"Segalanya jelas berbeda (sekarang). Banyak pemain muda dalam tur, semacam pergeseran generasi, tetapi Anda tahu, Nadal dan saya sendiri,
masih kuat."
 
Meski berusia 35 tahun, Djokovic optimistis dapat merebut beberapa gelar grand slam, dan dia percaya masih bisa menghadang para generasi muda untuk beberapa waktu.
 
"Saya tahu apa yang harus saya lakukan untuk bersaing dengan mereka, untuk menjadi salah satu penantang gelar di sini dan di Melbourne," kata Djokovic.
 
"Kenangan indah dan sejarah bagus yang saya miliki di tanah Australia memberi saya banyak emosi positif dan keyakinan bahwa saya bisa melakukannya lagi dan saya bisa melangkah jauh," imbuhnya. (Ant/OL-16)
 

 

Baca Juga

ANTARA/DOK.PBSI

Lima Wakil Indonesia Lolos ke Babak Kedua Thailand Masters 2023

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 23:35 WIB
Pada hari ini, sebanyak lima wakil Merah Putih dari sektor ganda putra dan putri memulai perjalanan di turnamen yang bergulir di Negeri...
Antara

Tim Rifle Putri Sumbang Perunggu di Piala Dunia ISSF

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:59 WIB
Khairunnisa Salsabila/Audrey Zahra Dhiyaanisa/Masayyu Putri Fadillah memenangi duel perebutan tempat ketiga nomor air rifle 10 meter beregu...
MI/Ramdani

PBSI Puas dengan Capaian Skuad Merah Putih di Indonesia Masters

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:16 WIB
Awalnya, PP PBSI sempat khawatir dengan performa tim Indonesia jelang bergulirnya Indonesia Masters 2023. Namun, kekhawatiran tersebut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya