Senin 09 Mei 2022, 10:35 WIB

Kontigen Kecil, Presiden Ingatkan Harus Tetap Berprestasi

Andhika Prasetyo | Olahraga
Kontigen Kecil, Presiden Ingatkan Harus Tetap Berprestasi

Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo

 

PADA SEA Games ke-31 di Vietnam yang diselenggarakan 2022, Indonesia hanya mengirimkan 449 atlet yang akan mengikuti 318 nomor pertandingan dari 32 cabang olahraga. Jumlah itu menurun drastis dari gelaran SEA Games ke-30 di Singapura, 2019 yang berjumlah 841 atlet.

Perampingan jumlah peserta merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas dan prestasi sebagaimana telah ditetapkan dalam Desain Besar Olahraga Nasional.

Presiden Joko Widodo berpesan, meski berangkat dengan jumlah atlet yang jauh lebih sedikit, Indonesia tetap harus mengukir prestasi yang lebih baik dari perhelatan-perhelatan sebelumnya.

"Saya ingin kontingen yang sekarang, yang lebih ramping, meraih prestasi setinggi-tingginya, meraih medali sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita, Indonesia," ujar Jokowi saat melepas para atlet SEA Games ke-31 Vietnam di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/5).

Baca juga: Lepas Atlet SEA Games, Presiden Targetkan Minimal Peringkat Tiga

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali pun buka suara terkait minimnya jumlah atlet yang ikut serta pada pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara kali ini. Ia mengungkapkan seleksi dilakukan secara ketat oleh Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional.

"Untuk penentuan keikutsertaan kontingen pada setiap multievent olahraga internasional, itu didasarkan pada hasil rekomendasi tim review yang terdiri dari akademisi, praktisi, perwakilan KONI dan KOI," ucap Zainudin.

Adapun, hasil rekomendasi bersumber dari data berupa rekam jejak, catatan prestasi dan pertimbangan-pertimbangan objektif lainnya.

"Bukan berdasarkan pada alasan subjektif. Kita sedang membangun pembinaan prestasi olahraga nasional yang kuat, dilaksanakan secara sistematis, terstruktur dan berkelanjutan yang hasilnya baru bisa didapatkan beberapa tahun yang akan datang. Kita tidak bisa lagi mengharapkan hasil prestasi secara instan," jelas Menpora. (P-5)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Formula E, Ajang Kampanye Kendaraan Ramah Lingkungan

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:36 WIB
Formula-E yang mengusung konsep sustainable merupakan salah satu kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya beralih...
Antara/Zabur Karuru

Indonesia Sisakan 9 Wakil di Perempat Final Bulu Tangkis SEA Games Vietnam

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:04 WIB
Di nomor tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi satu-satunya wakil yang melangkah ke babak perempat final, setelah menumbangkan...
Antara

Lolos Perempat Final, Apri/Fadia akan Hadapi Jongkolphan/Rawinda

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 19:25 WIB
Sebelumnya, pasangan ganda putri Indonesia itu berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, yakni Do Thi Hoai/Dinh Thi Puong Hong, dalam SEA...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya