Selasa 01 Maret 2022, 13:09 WIB

Bahas Sanksi untuk Rusia, FIA Gelar Rapat Darurat

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Bahas Sanksi untuk Rusia, FIA Gelar Rapat Darurat

AFP
Pembalap asal Rusia, Nikita Mazepin, yang khawatir terhadap sanksi internasonal pada negaranya.

 

SANKSI terhadap Rusia di ajang olahraga diperkirakan bakal berlanjut. Presiden Federasi Automobil Internasional (FIA) Mohammed Ben Sulayem menggelar pertemuan luar biasa World Motor Sport Council untuk membahas sanksi terkait invasi Rusia ke Ukraina.

"Pertemuan luar biasa World Motor Sport Council akan digelar untuk membahas persoalan terkait krisis di Ukraina," kata seorang juru bicara FIA.

Sebelumnya, Formula 1 sudah mengumumkan bahwa seri balap Grand Prix di Rusia bakal dicoret dari kalender musim ini. Mengingat, situasi di negara tersebut tidak kondusif.

Baca juga: Spartak Moscow Kecewa Didepak dari Liga Europa

Adapun federasi di Ukraina mendesak FIA turut melarang pembalap Rusia dan Belarusia berpartisipasi di kejuaraan dunia. Desakan larangan itu meliputi pembalap yang lisensinya diterbitkan federasi di Rusia dan Belarusia.

Ukraina juga meminta larangan Rusia and Belarusia menjadi tuan rumah ajang di bawah naungan FIA, kemudian ditambah larangan penggunaan simbol negara. Apabila pelarangan dilakukan, posisi pembalap F1 dari tim Haas, Nikita Mazepin, bakal terancam.

Baca juga: Puluhan Negara Kirim Bantuan Kemanusiaan dan Militer ke Ukraina

Pasalnya, Haas mendapat sponsor perusahaan Rusia Uralkali dari ayah Mazepin. Pada tes pramusim di Barcelona, Haas sudah menghapus iklan Uralkali dari mobil balap mereka.

"Saya tidak berada dalam posisi kendali atas apa yabg terjadi. Saya memilih fokus atas apa yang bisa saya kendalikan, yaitu dengan bekerja keras dan berbuat yang terbaik," tutur Mazepin.

Mantan pembalap F1 Daniil Kyvat turun di Worls Endurance Championship, diperkirakan juga bakal terdampak, jika sanksi itu diterapkan. Begitu juga pembalap junior Ferrari Robert Mikhailovich Shwartzman dan pembalap Formula 3 Alexander Smoylar yang berpotensi terdampak.(Crash/Motorsport/OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA

Pebulutangkis Senior Hendra Setiawan Berbagi Inspirasi Bangun Semangat Kemerdekaan

👤Meilani Teniwut 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:45 WIB
Hendra Setiawan, pebulutangkis senior Indonesia berharap generasi muda bisa terus berani untuk maju dan berkarya dalam bidangnya...
MI/Ramdani

Fajar/Rian Berusaha Tampil tanpa Beban di Kejuaraan Dunia 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 22:59 WIB
Menurut pasangan peringkat kelima dunia, persaingan di sektor ganda putra semakin ketat. Namun, Fajar/Rian optimistis meraih gelar juara di...
Dok. Kemenpora

DI Pidato Kenegaraan, Presiden Jokowi Akui Bangga Indonesia Juara Umum Asean Para Games 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 20:35 WIB
Presiden Joko Widodo merasa bangga karena selain sukses penyelenggaraan, kontingen Indonesia juga sukses meraih gelar tertinggi yakni juara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya