Selasa 01 Maret 2022, 11:29 WIB

Puluhan Negara Kirim Bantuan Kemanusiaan dan Militer ke Ukraina

Nur Aivanni | Internasional
Puluhan Negara Kirim Bantuan Kemanusiaan dan Militer ke Ukraina

Anatolii STEPANOV / AFP
Sejumlah tentara Ukraina melakukan patroli di kota kecil Sievierodonetsk, Lugansk Oblast, Ukraina, pada Minggu (27/2).

 

PULUHAN negara sudah mulai mengirimkan bantuan militer atau kemanusiaan ke Ukraina sejak Rusia menyerbu pada Kamis lalu.

Amerika Serikat (AS), Kanada, dan 20 negara Eropa sejauh ini telah menanggapi permintaan Ukraina untuk peralatan militer.

Washington mengirimkan bantuan militer tambahan sebesar $350 juta (313 juta euro) ke Kiev untuk menambah total dukungannya menjadi lebih dari satu miliar dolar selama setahun terakhir.

Dan untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, Uni Eropa mendanai pembelian dan pengiriman senjata setelah para pemimpin setuju untuk mengangkut senjata senilai 450 juta euro ke Kie.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan beberapa negara mengirim jet tempur Ukraina.

Baca juga: Rusia Lanjutkan Invasi Tembaki Kota Kharkiv di Ukraina

Adapun Kanada mengirimkan persenjataan militer yang mematikan dan meminjamkan setengah miliar dolar Kanada kepada Kiev ($392 juta) untuk membantu mempertahankan diri.

Sementara itu, Berlin telah melanggar tabu lamanya untuk tidak mengekspor senjata ke zona konflik dengan bersumpah untuk mengirim 1.000 senjata anti-tank ke Ukraina, 500 rudal permukaan-ke-udara "Stinger" dan sembilan howitzer.

Negara itu juga menyumbangkan 14 kendaraan lapis baja dan 10.000 ton bahan bakar. Juga, memberikan 16 juta euro untuk membantu para pengungsi.

Stockholm juga melanggar sikap netral bersejarahnya dengan mengirim 5.000 senjata anti-tank ke Ukraina, dengan Denmark menyumbang 2.700 lagi. Norwegia mengirimkan helm dan pelindung tubuh serta hingga 2.000 senjata anti-tank M72.

Finlandia juga mengambil keputusan bersejarah untuk memasok senjata ke Ukraina dan akan mengirim 1.500 peluncur roket, 2.500 senapan serbu, 150.000 butir amunisi dan 70.000 porsi ransum lapangan.

Sementara, Prancis mengirimkan senjata antipesawat dan digital serta bahan bakar. Negara itu juga mengirimkan 33 ton bantuan kepada para pengungsi di Polandia. 33 ton lainnya ditujukan ke Moldova.

Rumania, yang berbatasan dengan Ukraina, menawarkan untuk merawat yang terluka di 11 rumah sakit militernya. Bucharest juga mengirimkan bahan bakar, rompi anti peluru, helm dan bahan militer lainnya senilai tiga juta euro. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP/CHARLY TRIBALLEAU

Kondisi Rushdie Membaik Pascapenusukan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 15 Agustus 2022, 11:00 WIB
"Dia telah dilepaskan dari ventilator yang berarti perjalanan menuju sembuh telah dimulai. Perjalanan itu akan panjang karena luka...
AFP/Jalaa Marey.

Serangan Israel di Suriah Tewaskan Tiga Tentara

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 10:22 WIB
Serangan udara Israel di Suriah menewaskan tiga tentara dan melukai tiga lainnya pada Jumat (12/8). Ini merupakan insiden terbaru di...
AFP/Khaled DESOUKI

Kebakaran Gereja di Mesir Tewaskan 41 Orang

👤Basuki Eka Purnama, Cahya Mulyana 🕔Senin 15 Agustus 2022, 05:45 WIB
Kebakaran, yang disebut terjadi karena korsleting listrik, terjadi di gereja Abu Sifin di Imbasa, distik Giza di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya